kumparan
29 Desember 2019 16:00

Apple Beri Uang Rp 14 Miliar ke Hacker yang Bisa Temukan Bug

Pabrik Apple (portrait)
Pabrik Apple (portrait) Foto: Heinz-Peter Bader/Reuters
Apple membuka program bug bounty untuk mencari celah kelemahan atau bug yang terdapat di produk-produk Apple, seperti iPhone, iPad, MacBook, beserta software-nya. Hadiah untuk program ini mencapai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar.
ADVERTISEMENT
Melalui situs resmi, Apple menjelaskan program bug bounty ini dimaksudkan untuk mencari kelemahan atau kecacatan produk Apple. Program ini bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk masyarakat umum. Kelemahan atau kecacatan produk itu kemudian akan diperbaiki oleh Apple, demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.
Awalnya, program ini diberlakukan hanya untuk sistem operasi iOS. Kemudian mulai tahun 2019, diperluas dan pemburu bug dapat melaporkan kecacatan atau bug yang terdapat pada produk Apple, seperti iCloud, iPadOS, macOS, tvOS, dan watchOS.
Untuk mendapatkan hadiah uang dari Apple, para pemburu bug harus mengirimkan deskripsi terperinci dan detail mengenai bug yang terdapat pada produk Apple tersebut. Ini dilakukan agar Apple dapat mengatasi bug tersebut secara langsung.
Apple
Apple Store di Australia. Foto: David Gray/Reuters
Untuk mendapatkan hadiah penuh, pemburu bug harus menjadi yang pertama dalam melaporkan masalah dan memberikan laporan bug yang jelas. Pemburu bug juga tidak diizinkan untuk meretas akun, perangkat, atau layanan Apple yang memiliki kelemahan.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa kategori hadiah yang diberikan untuk setiap bug. Misalnya seorang peneliti yang dapat melewati layar kunci perangkat dapat memperoleh antara 25 ribu dollar AS sampai 100 ribu dollar AS, mendapatkan akses iCloud tanpa izin dapat menjaring antara 25 ribu dollar AS sampai 100 ribu dollar AS, atau mendapatkan data sensitif dari perangkat yang terkunci bisa mendapatkan hadiah antara 100 ribu dollar AS sampai 250 ribu dollar AS.
Hadiah paling besar diberi kepada mereka yang berhasil menemukan bug yang dapat mengambil alih perangkat tanpa tindakan apa pun dari pengguna. Setiap bug yang ditemukan di dalam produk yang versi beta akan mendapatkan bonus 50 persen dari hadiah standar.
Ada kemungkinan program bug bounty ini merupakan respons Apple untuk memperbaiki pengembangan sistem operasi iOS 14. Mereka tentu belajar dari rilis iOS 13 yang banyak sekali laporan mengenai kelemahan atau bug yang muncul.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan