Tekno & Sains
·
22 Maret 2021 11:17

Apple Didenda Rp 28 Miliar Gara-gara Jual iPhone 12 Tanpa Charger

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apple Didenda Rp 28 Miliar Gara-gara Jual iPhone 12 Tanpa Charger (3544)
Salah satu karyawan Apple Store di Orchard Road, Singapura, mengecek iPhone 12. Foto: Apple
Lembaga perlindungan konsumen Brasil, Procon-SP, menjatuhi denda kepada Apple karena tidak memasukkan adaptor charger ke dalam boks penjualan iPhone 12 yang dirilis pada akhir 2020 lalu. Denda tersebut mencapai dua juta dolar AS atau sekitar Rp 28 miliar.
ADVERTISEMENT
Menurut Procon-SP, Apple membuat iklan yang menyesatkan dengan menjual perangkat tanpa pengisi daya, sehingga membuat ketidakadilan. Procon sudah mempertanyakan tentang kebijakan terbarunya itu sejak perilisan iPhone 12 secara global.
Apple tidak menanggapi pertanyaan Procon, apakah dengan menjual perangkat tanpa charger harga iPhone 12 akan berkurang atau tidak. Kemudian berapa harga iPhone dengan dan tanpa pengisi daya, serta apakah Apple juga mengurangi jumlah pengisi daya yang diproduksi atau tidak.
Apple Didenda Rp 28 Miliar Gara-gara Jual iPhone 12 Tanpa Charger (3545)
Kotak penjualan iPhone 12 yang lebih ramping. Foto: Apple
Sebagai perbandingan, harga iPhone 12 mini di Amerika Serikat adalah 729 dolar AS. Di Brasil, perangkat yang sama harganya sekitar 1.200 AS. Kembali pada 2019, ketika Apple memperkenalkan iPhone 11, harganya mulai dari 799 dolar AS, sementara di Brasil harganya juga sekitar 1.200 AS. Procon melihat tidak ada pengurangan harga dari kebijakan baru Apple tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain tidak menyertakan pengisi daya pada iPhone 12 dan tiga tipe iPhone lainnya, yaitu iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020, Procon-SP menyatakan ada masalah lain dengan Apple. Masalah tersebut, seperti iklan yang menyesatkan, dengan konsumen iPhone 11 Pro melaporkan bahwa Apple tidak memperbaiki ponsel mereka setelah mengalami masalah air.
Selain itu, masalah pembaruan iOS yang beberapa pengguna melaporkan iPhone mereka mengalami masalah setelah upgrade sistem operasi, namun tidak dibantu oleh Apple. Kemudian Apple juga membebaskan dirinya dari semua tuntutan terhadap produk yang cacat.
Apple belum berkomentar atas denda yang dijatuhkan oleh lembaga perlindungan konsumen di Brasil ini. Meski begitu, Apple tetap diperbolehkan untuk mengajukan banding.
Apple Didenda Rp 28 Miliar Gara-gara Jual iPhone 12 Tanpa Charger (3546)
Ilustrasi charger iPhone. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Pada saat peluncuran iPhone 12, Apple menyampaikan alasan tidak lagi menyertakan charger dan earphone. Menurut, Apple hal tersebut akan membuat lingkungan menjadi lebih baik.
ADVERTISEMENT
VP Environment Policy and Social Initiatives Apple, Lisa Jackson, mengatakan ketiadaan charger dan earphone bawaan ini untuk mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan dari limbah produk mereka. Lisa menjelaskan, sejauh ini pengguna iPhone telah memiliki lebih dari 700 juta kabel lightning. Selain itu, ia juga menyebut ada 2 miliar power adaptor Apple di dunia saat ini.
"Jadi, kami menghapus barang-barang ini dari kotak iPhone," kata Lisa dalam Apple Event, Selasa (13/10/2020).
Dengan demikian, isi kotak iPhone XR, iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone 12 Series hanya berisikan smartphone, kabel charger, SIM tray ejector, buku petunjuk, kartu garansi, dan stiker Apple. Bentuk kotak penjualannya pun terlihat lebih ramping dan sederhana.