kumparan
9 Oktober 2019 20:18

Apple Rilis MacOS Catalina, Apa Saja Fitur Barunya?

Keyboard laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Luis Quintero via Pexels
Apple akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi baru untuk perangkat Macintosh, yaitu MacOS Catalina. Setelah masa uji coba selama pertengahan tahun 2019, sistem operasi ini akhirnya resmi meluncur dengan banyak perubahan.
ADVERTISEMENT
Peluncuran MacOS Catalina menandai kepunahan iTunes sebagai aplikasi bawaan Mac. Sebagai gantinya, Apple membawa aplikasi Apple Music, Podcast dan Apple TV secara terpisah.
Tanpa iTunes, lalu bagaimana cara menghubungkan dan mentransfer data dari iPhone dan iPad ke Mac? Semua prosedur tranfer data langsung dialihkan ke Finder alias tempat pengumpulan file dan dokumen.
Perangkat komputer Apple MacOS
Perangkat komputer Apple MacOS. Foto: Tranmautritam via Pexels
Di MacOS Catalina, Apple juga meluncurkan Project Catalyst, yang merupakan dukungan aplikasi pada iPad untuk MacOS. Artinya, MacOS akan kebagian berbagai macam aplikasi yang telah tersedia di iPad.
Selain itu, ada juga fitur Sidecar yang memungkinkan iPad terhubung dengan Mac dan menjadi layar kedua dari Mac, baik menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Fitur ini juga didukung dengan fitur Apple Pencil, sehingga pengguna bisa melakukan pekerjaan di perangkat Mac menggunakan stylus tersebut.
ADVERTISEMENT
Beberapa pembaruan lain yang belum pernah ada di perangkat Mac ialah fitur Screen Time yang memungkinkan pengguna Mac memantau berapa lama penggunaan perangkat dan dipakai untuk aplikasi apa saja. Dengan fitur ini, orang tua juga lebih mudah mengontrol aktivitas anak pada perangkat Apple.
Dengan MacOS Catalina, Apple juga memberikan beberapa peningkatan keamanan. Ada sistem privasi yang mengharuskan aplikasi untuk selalu meminta izin pengguna ketika akan mengakses desktop, dokumen, iCloud dan memori eksternal.
Laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Caio Resende via Pexels
Selain itu, kini setiap perangkat Mac yang didesain dengan chip Keamanan T2 akan memiliki Activation Lock. Fitur ini melindungi data agar tidak bisa dihapus tanpa persetujuan pengguna menggunakan password Apple ID.
Jika dicuri, si pencuri tidak akan bisa mengakses pada data ataupun perangkat Mac dengan OS Catalina sama sekali.
ADVERTISEMENT
Yang paling menarik ialah hadirnya kombinasi aplikasi FInd My pada Mac, yang menggabungkan antara fitur Find My iPhone dan Find My Friends dalam satu aplikasi. Aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam menemukan perangkat Macbook yang hilang meski dalam keadaan offline atau Sleep dengan mengirimkan sinyal Bluetooth.
MacOS 10.15 Catalina kini bisa di-download secara gratis dengan cara mengklik ikon Apple pada sudut kiri atas layar. Pilih System Preferences dan klik Software Update.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan