Tekno & Sains16 September 2020 0:53

Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah'

Konten Redaksi kumparan
Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah' (309439)
Apple Watch Series 6. Foto: Apple
Apple kembali menggelar hajatan tahunan Apple Event 2020 pada Selasa (15/9). Di ajang ini, perusahaan asal Cupertino, California, ini meluncurkan beberapa perangkat teknologi terbaru, salah satunya adalah jam tangan pintar Apple Watch 6.
ADVERTISEMENT
Smartwatch generasi keenam ini memiliki beberapa peningkatan kemampuan dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan tersebut di antaranya adalah ketahanan air yang lebih baik dan transmisi nirkabel untuk kecepatan jaringan Wi-Fi dan seluler yang lebih baik.
Peningkatan yang paling ketara lainnya ialah kemampuan untuk mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Hal itu bisa terwujud berkat dukungan dari sistem operasi khusus jam tangan Apple terbaru, yakni watchOS 7.
Biasanya, kadar oksigen dalam darah berada di angka 95 dan 100 persen. Jika oksigen merosot di bawah angka tersebut, artinya ada masalah kesehatan dan pengguna membutuhkan bantuan medis.
Apple Watch 6 akan memberikan notifikasi jika mendeteksi kurangkanya kadar oksigen dalam darah. Sehingga, pengguna bisa segera mencari pertolongan medis sebelum ia mengalami masalah pernapasan serius.
Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah' (309440)
Apple Watch Series 6. Foto: Apple
Ini menjadi fitur penting di masa pandemi karena virus corona SARS-CoV-2 yang dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah yang membuat seseorang kesulitan bernapas dan membutuhkan pertolongan medis secara cepat.
ADVERTISEMENT
Apple Watch 6 hadir dengan dukung prosesor A13. Smartwatch ini dibanderol dengan harga 399 dolar AS atau sekitar Rp 5,9 jutaan.

Apple Watch SE harga lebih murah

Selain Apple Watch 6, Apple juga meluncurkan jam tangan pintar dengan harga yang lebih terjangkau. Smartwatch itu adalah Apple Watch SE. Penamaan SE di sini sama seperti iPhone SE versi murah.
Smartwatch ini akan hadir dengan bentuk yang mirip Apple Watch 4 yang telah berhenti diproduksi sejak 2019. Apple Watch SE dibekali chip yang terintegrasi dengan chip A9 pada iPhone 6s yang memungkinkan pengguna untuk melacak langkah, jarak, serta ketinggian.
Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah' (309441)
Apple Watch Series 6. Foto: Apple Inc
Smartwatch ini tersedia dalam dua ukuran, 40 mm dan 44 mm dan keduanya mendukung fitur GPS. Karena Apple Watch SE masih menggunakan chipset untuk iPhone jadul, ia tidak akan memiliki fitur elektrokardiogram (EKG) dan always-on display pada smartwatch ini.
ADVERTISEMENT
Untuk harganya, Apple Watch SE akan dibanderol dengan harga 279 dolar AS atau sekitar Rp 4,1 jutaan.

WatchOS 7

Apple Watch 6 menjadi perangkat jam tangan pintar pertama yang berlari dengan sistem operasi terbaru watchOS 7. Sistem operasi ini pertama kali diumumkan pada ajang WWDC 2020.
watchOS 7 mendukung tampilan yang lebih kompleks dengan opsi untuk memasang lebih banyak informasi dalam satu tampilan. Kini pengguna bisa mencantumkan hingga delapan informasi dalam satu tampilan.
Tampilan tersebut juga bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, sebagai orang tua yang memiliki bayi, kamu bisa mengatur tampilan untuk pengingat pemberian botol susu atau waktunya menyusui atau memompa ASI.
Selain itu, watchOS7 juga emmungkinkan pengguna untuk berbagi dan menyesuaikan konfigurasi tampilan Apple Watch mereka secara langsung. Sementara sebelumnya, pengguna harus mencari terlebih dahulu dan memasukannya secara manual ke Apple Watch.
Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah' (309442)
Apple watchOS 7 Foto: Apple Inc
Ada juga fitur pelacak tidur untuk rutinitas tidur yang lebih sehat dengan cara melacak waktu dan kualitas tidur pengguna. OS ini juga bekerja dengan fitur wind down di iOS 14. Fitur ini bakal mengurangi gangguan, serta membantu pengguna membuat rutinitas malam yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT
watchOS 7 punya alarm yang lebih beragam dengan opsi audio lembut atau alarm dengan umpan balik haptic, yakni berupa dengungan yang tidak mengganggu orang di sekitar.
OS ini juga memiliki fitur kebugaran terbaru, yaitu dance alias menari. Fitur ini bakal melacak gaya tari populer seperti Hip Hop, Latin, Bollywood dan tarian berbasis cardio. Fitur ini bekerja menggunakan accelerometer dan gyroscope untuk mendeteksi perbedaan gerakan tubuh bagian atas dan bawah dan menggabungkannya dengan detak jantung.
Ada fitur baru lainnya seperti Core Training, Functional Strength dan Cooldown. Sementara aplikasi Activity sekarang ganti nama jadi Fitness. Aplikasi ini tetap memberikan data aktivitas harian, latihan, dll kepada pengguna.
Yang tak kalah penting, watchOS 7 memiliki fitur deteksi cuci tangan yang sangat krusial di masa pandemi COVID-19. Fitur ini bekerja menggunakan sensor gerak dan mikrofon yang bisa menangkap suara sabun dan air, serta meminta kalian mencuci tangan selama 20 detik.
Apple Watch 6 Resmi Rilis, Ada Juga Apple Watch SE Versi 'Murah' (309443)
Apple watchOS 7 Foto: Apple Inc
Serta, fitur Maps yang dikhususkan untuk pesepeda. Dengan fitur Maps, pesepeda bisa melihat rute jalan yang lebih sepi lewat layar smartwatch sehingga pengguna bisa bersepeda dan tetap menghindari kerumunan.
ADVERTISEMENT
Maps juga akan memberikan detail kondisi rute ke pengguna, seperti waktu, jarak tempuh, jalur sepeda, tanjakan, dan sebagainya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white