kumparan
26 Maret 2020 12:50

Belanja Online Seru Sambil Nonton Live Streaming dan Main Game

com-Bank Mandiri, ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Belanja online sudah jadi gaya hidup kekinian banyak orang. Tak perlu repot-repot datang ke toko, membeli barang-barang yang diinginkan kini sudah bisa dilakukan secara online di smartphone berkat adanya e-commerce.
Tidak cuma belanja, kini aplikasi e-commerce juga mulai menyediakan konten hiburan di dalamnya. Konten hiburan itu misalnya live streaming hingga game-game sederhana yang asyik dimainkan.
Di China sana, konten live streaming di platform e-commerce memang sudah bukan sesuatu yang aneh. Alibaba telah menerapkan fitur live streaming di Tmall dan Taobao, yang bertujuan menghadirkan interaksi antara pedagang dengan para konsumen dan meningkatkan engagement keduanya.
Melalui fitur live streaming, penyedia platform e-commerce bisa menyiarkan acara untuk mempromosikan kampanye tertentu. Nah, biasanya ada diskon-diskon yang diumumkan di sini. Selain itu, seller juga bisa memanfaatkan fitur live streaming untuk mempromosikan produk mereka. Tidak sedikit seller yang mengumumkan adanya diskon produk lewat fitur live streaming tersebut.
Untuk lebih jelasnya, ini kelebihan-kelebihan fitur live streaming dalam aplikasi e-commerce.

1. Hiburan real-time

Konsumen bisa menyaksikan acara-acara hiburan yang bisa disiarkan di aplikasi e-commerce. Biasanya, kampanye-kampanye jualan yang disiarkan itu dikemas dengan acara menghibur, seperti menghadirkan artis atau musisi.

2. Interaktif

Asyiknya, lewat fitur live streaming ini para pengguna aplikasi bisa berinteraksi dalam acara yang disiarkan, atau dengan seller yang melakukan live. Para pengguna bisa mengirimkan emoticon, like, dan komentar di konten yang disiarkan. Mirip seperti fitur live di aplikasi media sosial.

3. Banyak promo dan diskon

Nah, ini mungkin jadi hal yang paling disukai kamu-kamu penggemar belanja online, yaitu promo dan diskon. Biasanya, fitur live streaming memang sering dimanfaatkan untuk mengumumkan adanya promo atau diskon produk-produk menarik. Dengan penyampaian lewat video, konsumen jadi tak perlu repot cari-cari informasi seputar barang yang didiskon.
com-Ilustrasi bermain game
Ilustrasi bermain game. Foto: Shutterstock
Bukan cuma fitur live streaming, kini game juga sudah bisa ditemukan di aplikasi e-commerce. Para pengguna kini bisa memainkan game-game sederhana di aplikasi e-commerce, bukan hanya untuk hiburan, tapi kadang ada penawaran menarik seperti penukaran poin yang diraih dengan voucher diskon.
Meski game-game di aplikasi e-commerce tergolong sederhana, tapi nyatanya cukup adiktif juga. Tak sedikit orang yang membuka aplikasi e-commerce andalannya hanya untuk bermain game.
Aplikasi e-commerce yang menerapkan konsep hiburan seperti ini adalah Lazada. Lewat platform bernama Shoppertainment, Lazada menghadirkan fitur live streaming, di mana mereka biasanya menayangkan acara spesial atau jadi ajang seller mempromosikan dagangan mereka. Fitur live streaming ini bisa ditemukan di sektor LazLive di aplikasi Lazada.
Belanja online
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Selain itu, Lazada juga punya deretan game menarik yang tersedia di LazGame. Game itu di antaranya adalah Birthday Boss, Mini Bump, Lazzie Hop, Push Cart, Tower, dan Target. Berikut ini penjelasan masing-masing game tersebut.

- Birthday Boss

Permainan ini mengajak kita untuk memproduksi kue dengan cara mengumpulkan tepung. Cukup ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di dalam game untuk mengumpulkan tepung dan membuat kue sebanyak-banyaknya.

- Mini Bump

Pemain harus menggerakkan karakter game untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Semakin tinggi tempat yang dicapai maka semakin besar poin yang didapat. Kamu akan gagal kalau jatuh.

- Lazzie Hop

Karakter yang kamu kendalikan harus melompat melewati rintangan dan kumpulkan permata untuk tambahan poin. Jangan sampai menabrak hambatan atau jatuh ke air, karena permainan kamu selesai.

- Push Cart

Di game ini kamu harus memindahkan keranjang, dengan cara geser ke kiri dan kanan. Hindari rintangan yang ditemui di jalan dan kumpulkan semua produk untuk menang.

- Tower

Kamu harus mengarahkan bola untuk menghancurkan dinding berwarna. Permainan akan berakhir apabila bola menyentuh dinding hitam. Kekuatan bola akan bertambah kalau menghancurkan dinding secara berurutan.

- Target

Tugas kamu di sini adalah menembakkan hati, tapi jangan sampai berbenturan dengan hati lainnya. Kalau berbenturan maka permainan gagal. Habiskan semua hati untuk menang.
Melihat fitur-fitur ini, sekarang jelas sudah bahwa aplikasi e-commerce tak lagi dipakai cuma untuk belanja online. Kita bisa menikmati konten-konten hiburan di sana. Ini menjadi cara baru yang menarik dari aplikasi e-commerce untuk mempertahankan pengguna dan juga meningkatkan interaksi antara konsumen dan seller, yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan