kumparan
search-gray
Tekno & Sains1 Maret 2018 10:48

Bill Gates: Bitcoin Bisa Jadi Penyebab Kematian

Konten Redaksi kumparan
Bill Gates: Bitcoin Bisa Jadi Penyebab Kematian (744976)
Bill Gates. (Foto: REUTERS/Stringer)
Fenomena mata uang kripto alias cryptocurrency saat ini sedang menjadi perhatian di seluruh dunia. Salah satu sosok kenamaan di dunia teknologi yang juga pendiri Microsoft, Bill Gates, turut mengamati perkembangan dari mata uang kripto seperti bitcoin.
ADVERTISEMENT
Namun, ia memiliki pandangan negatif terhadap kehadiran bitcoin. Gates mengkritisi anonimitas di mata uang kripto, bahkan ia menyampaikan penggunaan mata uang kripto bisa menjadi penyebab 'kematian'.
Orang terkaya kedua di dunia itu berpartisipasi dalam sebuah sesi acara bertajuk 'Ask Me Anything' di Reddit yang diadakan pada Selasa (27/2). Di acara inilah, ia ditanya mengenai bagaimana pandangannya tentang mata uang kripto.
Meski bitcoin berhasil memikat banyak orang, Gates justru menilai bitcoin bukanlah sesuatu yang baik.
"Kemampuan pemerintah untuk melacak pencucian uang, menghindari pajak, dan pendanaan teroris (barulah) hal yang baik," kata Gates, dilansir The Telegraph.
Bill Gates: Bitcoin Bisa Jadi Penyebab Kematian (744977)
Bitcoin. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Gates juga mengatakan kalau mata uang kripto bisa dengan mudah digunakan untuk transaksi pembelian narkoba secara online dan telah menyebabkan kematian.
ADVERTISEMENT
"Saat ini mata uang kripto digunakan untuk membeli Fentanyl dan obat-obatan lain," kata Gates.
Ia pun berspekulasi tentang Initial Coin Offering atau ICO (penawaran koin pertama) adalah hal yang sangat riskan bagi orang-orang yang akan memainkannya dalam jangka panjang.
Mencoba menekel pernyataan Bill Gates, salah seorang pengguna Reddit mengatakan kalau orang-orang juga tetap bisa menggunakan uang tunai untuk membeli narkoba.
Bill Gates: Bitcoin Bisa Jadi Penyebab Kematian (744978)
Bill Gates. (Foto: REUTERS/Stringer)
Kritiknya kini cukup kontras dengan apa yang pernah ia katakan mengenai teknologi bitcoin beberapa tahun lalu. Saat itu, ia pernah mengatakan bitcoin lebih baik daripada uang fisik dan mengesankan karena menunjukkan bagaimana transaksi bisa dilakukan dengan sangat mudah.
Ia juga pernah memuji teknologi di balik mata uang digital. Selama wawancara di BackChannel pada tahun 2015, ia mengatakan bahwa orang-orang seharusnya "meneruskan revolusi bitcoin, namun bitcoin saja tidak cukup."
ADVERTISEMENT
Karena kehadiran teknologi yang dipandang meyakinkan itu, Yayasan Bill & Melinda Gates bermitra dengan perusahaan perintis mata uang kripto, Ripple, pada Oktober 2017 sebagai upaya untuk membantu orang-orang di seluruh dunia yang tidak menggunakan atau tidak bisa mengakses bank.
Teknologi mata uang digital memang sedang populer-populernya. Nilai bitcoin terus meningkat, meski sempat mengalami penurunan akhir-akhir ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white