Tekno & Sains
·
25 Februari 2021 6:51

Bill Gates: Orang yang Tidak Sekaya Elon Musk, Waspada Investasi Bitcoin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bill Gates: Orang yang Tidak Sekaya Elon Musk, Waspada Investasi Bitcoin (142116)
Bill Gates. Foto: REUTERS/Stringer
Bill Gates kembali berbicara soal mata uang kripto Bitcoin, yang kini tengah menjadi perbincangan banyak orang di seluruh dunia. Gates pun secara terang-terangan mengakui bukanlah seorang penyuka atau senang investasi Bitcoin.
ADVERTISEMENT
Gates pun salut dengan orang terkaya nomor dua di dunia, Elon Musk, yang senang bermain dengan Bitcoin. Ia pun tidak khawatir jika Bitcoin milik Musk nilainya turun karena punya uang yang banyak untuk disisihkan.
Elon Musk memiliki banyak uang dan dia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir bahwa Bitcoin miliknya akan naik atau turun secara acak” kata Gates saat wawancara dengan Bloomberg.
Satu hal yang menjadi perhatian Gates adalah investor Bitcoin yang tidak sekaya Musk. Menurut pendiri Microsoft itu, investasi pada Bitcoin bisa menimbulkan masalah bagi investor yang mungkin tidak memiliki banyak uang untuk disisihkan, mengingat nilainya cepat sekali berubah naik dan turun.
Bill Gates: Orang yang Tidak Sekaya Elon Musk, Waspada Investasi Bitcoin (142117)
Dua tokoh teknologi, Bill Gates dan Elon Musk. Foto: Stringer dan Danny Moloshok/Reuters
Oleh karenanya, Gates memperingatkan orang lain untuk mempertimbangkan kembali, jika ingin berinvestasi di Bitcoin. Kecuali mereka memiliki lebih banyak uang seperti CEO Tesla, Elon Musk.
ADVERTISEMENT
"Saya memikirkan orang-orang yang terbawa ke dalam euforia ini, mungkin tidak memiliki banyak uang untuk disisihkan. Jadi saya bukan pendukung Bitcoin. Pemikiran saya, jika kekayaan Anda lebih sedikit dari Elon Musk, mungkin lebih baik hati-hati," jelasnya.
Pergerakan nilai Bitcoin memang terbilang agresif. Pada perdagangan Rabu (24/2) lalu di situs Indodax, 1 Bitcoin mencapai Rp 755 juta. Nilai itu terpantau turun dari sebelumnya yang bisa mencapai lebih dari Rp 800 juta.
Kicauan Elon Musk di Twitter sering kali menggerakkan pasar Bitcoin sehingga nilainya meroket tinggi dalam beberapa waktu terakhir ini. Bahkan perusahaannya, Tesla, juga mengumumkan investasi Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS.
Bill Gates: Orang yang Tidak Sekaya Elon Musk, Waspada Investasi Bitcoin (142118)
Ilustrasi Bitcoin Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Alasan Bill Gates tidak suka bitcoin

Bill Gates menjelaskan bahwa dia tidak tertarik pada Bitcoin, terutama karena alasan lingkungan. Jumlah listrik yang dikonsumsi untuk menambang mata uang kripto itu dapat merusak lingkungan.
ADVERTISEMENT
Bayangkan, banyak para penambang Bitcoin mengoperasikan komputer atau perangkat lain dalam jumlahnya besar selama 24 jam penuh. Konsumsi listrik yang dihasilkan dari batu bara dapat menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang mencemari lingkungan.
Sebaliknya, Gates lebih senang melakukan transaksi dengan uang digital dibandingkan dengan cryptocurrency. "Uang digital adalah hal yang baik, itu pendekatan yang berbeda," katanya
Gates mengeklaim perbedaan uang digital terletak pada kepatuhan terhadap peraturan keuangan yang berlaku saat ini dan masih memberikan kenyamanan, serta biaya rendah untuk bertransaksi.