Tekno & Sains
·
15 Februari 2021 9:02

Bitcoin Tembus Rp 700 Juta, Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bitcoin Tembus Rp 700 Juta, Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah (99963)
searchPerbesar
Bitcoin Foto: Reuters/Benoit Tessier
Bitcoin berada di level harga Rp 700 juta pada awal pekan ini, menurut catatan platform keuangan Indodax. Mata uang kripto tersebut sekarang bernilai Rp 707 juta per koin pada Senin (15/2) per 08.15 WIB.
ADVERTISEMENT
Bitcoin sempat menyentuh nilai tertingginya sepanjang sejarah pada perdagangan Minggu (14/2). Menurut catatan Indodax, nilai tukar cryptocurrency tersebut sempat menyentuh angka Rp 717 juta pada pukul 20.00 WIB pada hari tersebut.
Meski sempat turun, Bitcoin tetap mencatatkan kenaikan 3,64 persen dalam 24 jam terakhir.
Harga Bitcoin sendiri terus meroket selama pandemi corona. Menurut laporan CNN, tren meningkat Bitcoin ini dimulai ketika Federal Reserve memangkas suku bunga mendekati nol pada Maret 2020, yang melemahkan nilai dolar AS.
Tak cuma itu, ketika bitcoin melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, investor-investor besar mulai menimbunnya. Sejumlah perusahaan besar pun mulai menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, yang pada gilirannya membantu nilai Bitcoin terus melonjak.
Pada pekan lalu, misalnya, perusahaan mobil listrik kepunyaan Elon Musk, Tesla, mengumumkan akan segera menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk transaksi mobilnya. Di saat yang sama, Tesla juga mengumumkan investasi sebesar 1,5 miliar dolar AS pada mata uang tersebut.
Bitcoin Tembus Rp 700 Juta, Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah (99964)
searchPerbesar
Bitcoin Foto: Flickr
Pada hari Rabu (10/2), Mastercard mengumumkan akan mendukung Bitcoin di jaringannya pada akhir tahun ini. Pengumuman ini menjadi tonggak bersejarah untuk Bitcoin, yang sebelumnya PayPal juga mengungkap bakal mewadahi pembelian cryptocurrency tersebut pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Aksi yang dilakukan sejumlah publik figur terhadap Bitcoin juga menambah sentimen positif investor. Pada Jumat (12/2) misalnya, penyanyi Jay Z dan CEO Twitter Jack Dorsey mengumumkan bahwa mereka akan membentuk dana pengembangan Bitcoin.
Meski demikian, sejumlah analis menggarisbawahi lonjakan nilai Bitcoin yang volatil membuatnya rentan untuk pecah. “Ini bisa meledakkan bubble atasnya," kata Anthony Scaramucci, pendiri perusahaan manajemen investasi Skybridge Capital kepada CNN Business. "Kami memperkirakan dana akan berubah-ubah dan bisa kehilangan uang,"
Sebagai gambaran seberapa volatil nilai Bitcoin, sejak awal tahun mata uang kripto ini telah meningkat sebesar Rp 306 juta.