Tekno & Sains8 Agustus 2020 9:00

Bos Facebook Mark Zuckerberg Resmi Jadi Manusia Rp 1.400 Triliun

Konten Redaksi kumparan
Bos Facebook Mark Zuckerberg Resmi Jadi Manusia Rp 1.400 Triliun (800134)
CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Foto: Reuters/Gerard Julien
Kekayaan sang pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah melampaui 100 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.464 triliun untuk pertama kalinya. Dengan begitu, pria berusia 36 tahun itu menjadi orang terkaya ketiga di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index.
ADVERTISEMENT
Zuckerberg juga masuk ke dalam klub centibillionaire, di mana saat ini anggotanya baru ada CEO Amazon, Jeff Bezos, dan pendiri Microsoft, Bill Gates. Untuk masuk ke klub eksklusif ini syaratnya harus memiliki total kekayaan mencapai 100 miliar dolar AS.
Meroketnya kekayaan Zuckerberg, lantaran mendapat sentimen positif dari saham Facebook yang melonjak hingga 6 persen. pasca peluncuran fitur baru di Instagram bernama Reels. Fitur ini diprediksi akan menjadi saingan terberat TikTok.
Kekayaan bersih Zuckerberg sebagian besar berasal dari 13 persen sahamnya di Facebook. Tahun ini saja, kekayaan Mark Zuckerberg telah bertambah sekitar 22 miliar dolar AS atau Rp 322 triliun.
Diprediksi Facebook dan Mark Zuckerberg akan dapat banyak keuntungan dari fitur terbaru Instagram tersebut. Meski, sejumlah pihak kerap menyebut Reels yang dirilis Instagram mirip dengan TikTok.
ADVERTISEMENT
Product Director Instagram, Robby Stein menolak fitur Reels disamakan dengan TikTok. Ia menyadari TikTok sejauh ini sudah berhasil mengembangkan tema video pendek, namun keduanya punya perbedaan segmen pengguna.
Perbedaan terbesar Reels dari TikTok kata dia ada di segmen audiens atau ekosistem pengguna yang menjangkau ke semua lapisan. Stein mengungkap, Instagram merupakan platform media sosial yang memungkinkan orang membagikan story ke lingkaran pertemanannya dengan mudah.
Bos Facebook Mark Zuckerberg Resmi Jadi Manusia Rp 1.400 Triliun (800135)
Tampilan fitur Reel di Instagram pesaing TikTok. Foto: Dok. Instagram
"Saya pikir TikTok layak mendapatkan banyak pujian untuk mempopulerkan format di ruang ini, dan itu hanya pekerjaan yang hebat. Tapi pada akhirnya, tidak ada dua produk yang persis sama, dan kami juga tidak (sama)," kata Stein dilansir The Verge, Rabu (5/8).
Para investor Facebook saja menyambut baik atas hadirnya fitur Reels di Instagram yang bisa mengalahkan TikTok. Terlebih TikTok saat ini sedang dalam guncangan pelarangan di Amerika Serikat oleh Presiden Donald Trump.
ADVERTISEMENT
Pola optimisme investor yang naik akibat adanya fitur baru juga pernah terjadi saat Instagram resmi meluncurkan IGTV di 2018. Pada saat fitur itu muncul, kekayaan Zuckerberg dilaporkan meningkat sebanyak 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp 23,9 triliun pada saat itu.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white