kumparan
search-gray
Tekno & Sains5 Juni 2020 12:33

Bos PlayStation Bicara soal Harga PS5, Mahal atau Murah?

Konten Redaksi kumparan
Kontroler DualSense untuk PlayStation 5
Kontroler DualSense untuk PlayStation 5. Foto: Sony
Sony akan segera meluncurkan konsol game PlayStation 5 pada akhir tahun 2020. PlayStation generasi kelima ini disebut akan hadir dengan game-game eksklusif yang membutuhkan budget besar dalam pembuatannya.
ADVERTISEMENT
Hal itu tentu saja akan mempengaruhi harga konsol PS5 nantinya. CEO dan Presiden Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, baru-baru ini berbicara soal harga PS5.
Ia membahas dari sisi ekonomi dan biaya tenaga kerja terkait dengan pengembangan sebuah game. Terlebih lagi, Sony akan memperkenalkan PS5 di masa krisis global yang disebabkan pandemi corona.
Ryan mengatakan bahwa industri game adalah salah satu bisnis yang bisa menguntungkan ekonomi di masa-masa sulit. Oleh karena itu, Ryan mengatakan harga PlayStation 5 akan disesuaikan dengan segala kondisi.
Sony Game Pertama PlayStation 5
Sony menyiapkan sebuah acara untuk mengumumkan game pertama PlayStation 5. Foto: Sony
“Saya pikir hal terbaik yang bisa kami lakukan adalah menawarkan nilai terbaik yang paling memungkinkan (untuk PS5). Maksudnya bukan dengan menjual (PS5) dengan harga yang murah. Tapi nilai itu maksudnya adalah kombinasi dari banyak hal,” kata Ryan, dilansir GameIndustry.
ADVERTISEMENT
“Dalam industri kami, nilai itu artinya adalah game, jumlah game, kedalaman sebuah game, luas sebuah game, kualitas game, dan harga sebuah game. Semua hal itu adalah bagian dari kelengkapan sebuah platform konsol,” tambahnya.
Selain itu, Ryan juga mengungkap tentang biaya pengembangan sebuah game yang sejalan dengan visual dan gameplay yang ditampilkan dalam demo Unreal Engine 5 dari Epic Games. Ini juga menjadi salah satu kilasan soal bocoran konsol PS5 tersebut.
"Saya pikir, perkembangan teknologi memungkinkan grafik permainan jadi lebih menarik dan tampak lebih nyata, (game) akan menjadi sedikit lebih 'manusiawi' dan padat modal untuk diproduksi," kata Ryan.
Ryan juga mengungkap harapannya soal akan ada 'peningkatan budget' untuk pembuatan game-game PS5, meskipun tidak ada yang terlalu ekstrem. Peningkatan anggaran itu diperkirakan terjadi juga dalam berbagai pekerjaan yang dibutuhkan untuk pembuatan game.
Logo playStation 5
Logo playStation 5. Foto: Dok. Sony
Hal itu pula yang mendorong pembuatan game-game PS5 akan mahal. 
ADVERTISEMENT
Untuk itu, PlayStation diharapkan bisa membuat game PS5 masih kompatibel di konsol PS4 seperti bagaimana Microsoft memungkinkan Xbox Series X memainkan game Xbox One. Namun, hal itu sepertinya tidak akan terjadi pada PS5.
"Kami selalu mengatakan bahwa kami percaya pada generasi. Kami percaya bahwa ketika Anda bersusah payah menciptakan konsol generasi selanjutnya, artinya harus mencakup fitur dan manfaat yang tidak ada di generasi sebelumnya. Dan oleh karena itu, pengembang harus membuat game yang dapat memanfaatkan sebagian besar fitur tersebut,” tegas Ryan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white