Tekno & Sains
·
25 November 2020 8:08

Bos Sony Sebut PS5 Terjual Habis, Bagaimana Nasib Penjualannya di Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bos Sony Sebut PS5 Terjual Habis, Bagaimana Nasib Penjualannya di Indonesia? (80832)
PlayStation 5. Foto: Sony PlayStation
Sesuai prediksi, PlayStation 5 (PS5) mendapatkan sambutan meriah dari para gamers di seluruh dunia. Bahkan, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan mengakui tren positif PS5 dan mengatakan bahwa perangkat tersebut semua sudah terjual.
ADVERTISEMENT
Bos Sony tersebut berbicara kepada media Rusia, TASS menyatakan puas dengan penjualan yang disebutnya fenomenal, sekalipun harga PS5 di pasar bisa melampaui jauh dari harga resmi. Ryan menjelaskan saat ini pihaknya tengah fokus pada peningkatan pasokan.
“Semuanya dijual. Benar-benar semuanya laku,” kata Ryan.
“Dan semuanya akan dijual di Rusia, tidak ada keraguan tentang itu. Saya telah menghabiskan banyak waktu tahun lalu mencoba untuk memastikan bahwa kami dapat menghasilkan permintaan yang cukup untuk produk tersebut,” tambahnya.
Ryan mencatat sebagian besar pengguna awal PS5 kemungkinan berasal dari gamers yang upgrade dari PS4. Saat ini, ada sekitar 114 juta pengguna PS4. Ryan juga menegaskan bahwa Sony tetap memberikan dukungan terhadap ekosistem PS4 hingga tahun 2022.
Bos Sony Sebut PS5 Terjual Habis, Bagaimana Nasib Penjualannya di Indonesia? (80833)
Konsol PlayStation 5. Foto: Sony

Stok PS5 terbatas

Stok yang minim dan permintaan yang meningkat membuat harga PlayStation 5 ikut meroket. Laporan South China Morning Post, harga PS5 Standard Edition di Hong Kong dilaporkan naik hingga dua kali lipat.
ADVERTISEMENT
Harga peluncurannya yang dijual 3.980 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 7,2 juta dilaporkan naik mencapai tertinggi 7.980 dolar Hong kong atau Rp 14,5 juta.
Toko ritel resmi yang bermitra dengan Sony di Hong Kong juga mengaku belum mendapatkan kabar pasokan PS5 gelombang kedua. Makanya, pemesanan PS5 jelang peluncuran dinilai satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan konsol game ini dengan harga murah.
Bos Sony, Jim Ryan, belajar dari melihat fenomena yang terjadi pasca-penjualan perdana PS5 di berbagai negara yang mengalami banyak permintaan, tapi stok terbatas. Salah satu faktor penyebabnya adalah pandemi virus corona yang melanda dunia.
“Dari semua hal yang saya pelajari tahun ini, satu adalah bahwa saya tidak berencana melakukan peluncuran konsol besar lainnya di tengah pandemi global, dan saya tidak akan merekomendasikannya kepada orang lain. Ini sulit, menantang dari sisi produksi, tidak bisa memasukkan siapa pun ke pabrik di Asia,” ungkapnya.
Bos Sony Sebut PS5 Terjual Habis, Bagaimana Nasib Penjualannya di Indonesia? (80834)
DualSense Wireless Controller PlayStation 5. Foto: Sony

Bagaimana nasib pre-order PS5 di Indonesia?

Sejauh ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai adanya perubahan dari penjualan perdana PS5 di Indonesia. Konsol game terbaru Sony itu dibanderol harga PS5 Digital Edition Rp 7,3 juta dan PS5 Standard Edition yang memiliki Ultra HD Blue-ray disc drive tersedia di harga Rp 8,8 juta.
ADVERTISEMENT
Pemesanan pre-order bisa dilakukan mulai 18 Desember mendatang. Setidaknya ada 25 toko ritel mitra Sony Indonesia yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Medan, dan Bali membuka pre-order PS5.
kumparan telah menghubungi dua toko ritel dalam daftar tersebut, yaitu PS Enterprise Mangga Dua dan GS Shop Grand Metropolitan Mall. Keduanya mengatakan pre-order resmi PS5 tetap dibuka 18 Desember 2020.
Soal harga masih tetap menggunakan harga ritel resmi PS5 di Indonesia dan belum ada perubahan. Sayanganya, hingga kini kedua toko tersebut belum memberikan mekanisme atau tata cara pre-order.
Sebelumnya, ada kabar bahwa pre-order PS5 hanya bisa dipesan satu tipe perangkat untuk satu identitas. Selain itu, terdapat kabar pre-order akan dilakukan dengan cara pengundian.
ADVERTISEMENT
"Tunggu informasi selanjutnya," jelas layanan konsumen PS Enterprise, Selasa (24/11).
Setelah melakukan pre-order, perangkat PS5 dijanjikan akan tersedia pada akhir Januari 2021. Hal itu juga sama sesuai jadwal yang diumumkan Sony, bahwa PS5 akan mulai tersedia di Indonesia pada 22 Januari 2021.