Lazada
10 Agustus 2020 13:00

Cara Belanja Online Aman Anti Tipu-tipu di E-commerce

Cara Belanja Online Aman Anti Tipu-tipu di E-commerce (2912)
Lazada menggelar Lazada Merdeka Sale di kanal LazMall. Foto: Lazada
Pandemi virus corona telah memaksa orang untuk menjalani kehidupan baru. Masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan ketika berada di fasilitas umum, termasuk di tempat perbelanjaan. Para pengunjung harus menjaga jarak sosial, memakai masker, dan mematuhi peraturan yang berlaku lainnya demi memutus mata rantai penularan.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang masih takut berbelanja langsung di mall, platform e-commerce adalah solusinya. Selain lebih aman, mudah, tak perlu berdesakan dengan pengunjung lain, cukup duduk manis dan berselancar di layar ponsel atau laptop. E-commerce juga selalu menghadirkan beragam voucher diskon dan promo menarik yang membuat harga produk dijual lebih murah.
Tapi, sebelum memacu jari dan layar ponselmu, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini supaya belanja lancar, sesuai keinginan, dan yang paling utama, agar tidak kena tipu. Karena di balik kemudahan belanja online, selalu ada orang yang memanfaatkan untuk melakukan kejahatan. Berikut 7 tips belanja aman anti tipu-tipu di e-commerce.

Survei antar-seller

Sebelum belanja, ada baiknya kamu melakukan survei antar-seller untuk membandingkan harga produk yang dijual di setiap toko online yang tersedia di platform e-commerce. Tujuannya agar kamu mendapatkan harga terbaik, dan tentunya sesuai dengan budget yang kamu miliki. Cek harga barang yang dicantumkan oleh toko online.
Cara Belanja Online Aman Anti Tipu-tipu di E-commerce (2913)
Ilustrasi belanja online di Lazada Foto: Lazada

Pilih seller resmi atau punya reputasi baik

Supaya lebih aman, belanjalah di toko online yang memiliki reputasi baik. Sebagian besar e-commerce sudah menggunakan sistem reputasi seller. Seller dengan reputasi tinggi biasanya punya pelayanan dan produk yang sesuai dengan foto yang ditampilkan.
ADVERTISEMENT
Untuk menambah keyakinan, kamu juga bisa melihat review atau testimoni barang yang diberikan konsumen. Lebih aman lagi jika kamu berbelanja langsung di toko resmi atau official store yang disediakan platform.
Kalau mau lebih aman lagi, masuk ke kanal akun resmi yang ada di platform e-commerce. Kalau di Lazada, contohnya, ada kanal yang namanya LazMall. Ini adalah tempat berkumpulnya toko resmi, distributor, atau pemegang merek, yang jual barangnya langsung di Lazada sudah bisa lebih dekat dengan konsumen.

Baca deskripsi produk terlebih dahulu

Sebelum memutuskan membeli produk, kamu harus memastikan barang yang kamu beli sesuai keinginan. Caranya dengan membaca deskripsi produk yang disematkan oleh toko online. Ini biasanya tertera di bawah foto barang yang ditampilkan. Jika ada yang kurang jelas, kamu bisa tanya langsung seller bersangkutan untuk mengetahui lebih detail produk tersebut.
ADVERTISEMENT

Tanya stok barang

Selain menanyakan detail produk, kamu juga sebaiknya tanyakan stok barang yang akan dibeli. Biasanya setiap marketplace memiliki aplikasi pesan yang memfasilitasi konsumen untuk bertanya apapun kepada penjual.
Yang lebih penting lagi adalah hindari bertransaksi di luar platform resmi karena ini bisa mengarahkanmu ke laman penipuan yang bisa merugikan diri sendiri. Jangan mau mengikuti arahan oknum curang yang meminta data diri pribadi atau meminta untuk mentransfer uang di luar marketplace.
Cara Belanja Online Aman Anti Tipu-tipu di E-commerce (2914)
Ilustrasi belanja online. Foto: Dok. Lazada

Jangan tergiur harga murah

Ini juga penting. Di situs belanja online, tak jarang seller yang menawarkan barang bermerek dengan harga miring, bahkan tidak masuk akal. Hati-hati, jangan pernah tergiur dan terlena dengan harga-harga tersebut, karena bisa jadi itu adalah bagian dari akal bulus oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.
ADVERTISEMENT
Cermati barang dengan baik dan selalu melihat rating dan review konsumen. Serta ingat, jangan pernah memberikan data pribadi, email, password, dan nomor kartu kredit kepada siapapun.

Pilih metode pengiriman

Setelah menentukan produk apa yang ingin kamu beli, kamu juga bisa memilih metode pengiriman. Platform biasanya menyediakan dua metode pengiriman, yakni pengiriman instan dan reguler. Pengiriman instan dilakukan oleh mitra kurir ojek online yang memungkinkan pesanan tiba lebih cepat.
Sementara metode kedua, kamu bisa memilih pengiriman di mana barang belanjaan bakal dikirim oleh marketplace yang memiliki layanan logistik atau telah bekerja sama dengan mitra lainnya. Di Lazada sendiri, ada pilihan untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, termasuk buat kamu yang belanja di kanal LazMall.
Cara Belanja Online Aman Anti Tipu-tipu di E-commerce (2915)
Memilih metode pembayaran di platform Lazada. Foto: Dok. Lazada

Pilih situs belanja online terpercaya

Yang paling utama dan paling penting adalah memilih situs belanja online terpercaya. Situs belanja online terpercaya biasanya sudah menyediakan metode perlindungan yang terjamin keamanannya. Dalam hal ini, Lazada bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.
ADVERTISEMENT
Mal virtual Lazada yang disebut LazMall adalah pusat merek-merek terkemuka dan produk-produk internasional dikuratori dengan cermat. LazMall memberi jaminan produk 100 persen orisinal dari penjual atau pemegang merek resmi di Lazada. Belanja di sini sudah terjamin keamanannya.
Terus, para toko resmi tersebut akan memberikan garansi pengembalian barang selama 15 hari apabila barang tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera. Kepuasan belanja jadi perhatian banget.
Sekarang ini adalah momen yang tepat untuk menjajal belanja di LazMall karena ada promo gede-gedean Merdeka Sale untuk tanggal 8 hingga 10 Agustus 2020 ini. Ada banyak diskon yang ditawarkan dari produk dan brand ternama. Diskonnya mencapai 88 persen untuk banyak brand yang tersedia di LazMall. Mau?
ADVERTISEMENT