kumparan
26 Maret 2020 13:58

Cara Belanja Online Aman dan Barang Cepat Sampai

toko online kesehatan
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
E-commerce memudahkan kita belanja tanpa perlu repot pergi ke toko. Segala kebutuhan bisa dibeli langsung dari smartphone sambil duduk manis di rumah. Belanja online di e-commerce menjadi jawaban bagi mereka yang tengah menerapkan physical distancing dan Work From Home (WFH) sesuai imbauan pemerintah.
Produk yang dijual seller e-commerce biasanya memiliki harga yang lebih bersahabat dibanding ritel resmi di mal. Di e-commerce itu pula, ada banyak merchant dari berbagai kota di Indonesia yang menjual beragam kebutuhan kita, mulai dari baju, gadget, makanan, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.
Ketika memutuskan belanja online di e-commerce, ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan sebelum memencet tombol beli di platform e-commerce, dan juga tips supaya belanja online kamu tetap aman dan cepat sampai.

1. Riset dan Bandingkan Harga Dulu

Sebelum belanja, kamu harus melihat harga produknya terlebih dahulu. Bandingkan harga barangnya dengan produk yang dijual seller lain.
Inilah enaknya belanja online di e-commerce, kamu tak perlu repot bertanya ke penjualnya karena harga sudah tercantum di laman produk. Membandingkan harga cukup berguna karena bisa menyesuaikan budget yang kamu punya.

2. Baca Deskripsi Produk

Jangan lupa baca petunjuk dan deskripsi produk. Hal ini untuk memastikan fungsi barang sesuai dengan yang kamu butuhkan. Baca penjelasan produk itu penting untuk mengetahui spesifikasi barang, material, dan informasi detail lain dalam suatu produk yang dijual oleh merchant.
Contoh, barang elektronik. Kamu bisa tahu berapa voltase listrik suatu produk dalam satuan watt. Siapa tahu kamu adalah orang yang rela berinvestasi beli produk harga tinggi di awal demi ukuran voltase listrik yang rendah agar lebih ramah lingkungan dan lebih hemat juga untuk biaya listrik bulanannya.
Untitled Image
Ilustrasi belanja online. Foto: Thinkstock

3. Lihat Durasi Pengiriman

Setiap produk punya estimasi pengiriman yang berbeda-beda, tergantung lokasi si penjual, seberapa besar barangnya, dan kurir yang dipilih. Durasinya bisa tiga hari, tujuh hari, atau bahkan mungkin sekitar 20 hari, jika barang yang dibeli online dikirim dari luar negeri.
Jika kalian beli belanja online saat Harbolnas, bukan tidak mungkin pengiriman bisa lebih lama dari durasi yang diberikan karena tingginya volume penjualan. Pastikan kamu memahami perkiraan waktu sampai dan seberapa butuhnya kamu dengan produk yang dibeli ini.
Kalau kamu belanja online di Lazada, misalnya, di sana terdapat fitur pengiriman yang dilakukan oleh Lazada itu sendiri. Layanan yang dipakai adalah Lazada eLogistics Express (LEL Express). Kalau pengiriman dengan ini, barang dipastikan tiba di tangan konsumen dengan cepat dan aman. Kamu juga bisa lacak proses pengiriman ini, apakah masih dalam proses pengemasan, pengiriman, atau sudah tiba dan diterima oleh orang lain di tempat tinggalmu. Kalau mau cepat sampai, kalian bisa pilih opsi ekspres.
Yang keren dari LEL Express adalah jaringannya yang terhubung di Asia Tenggara dan melayani pengiriman ke 500 kota dan kabupaten di Indonesia.

4. Cek Rating Seller dan Produknya

Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Kalian harus cek dulu rating seller-nya, apakah bagus atau tidak. Rating yang tinggi menunjukkan mereka adalah penjual terpercaya dan produknya banyak dibeli konsumen.
Tak lupa juga untuk melihat review yang sudah diberikan oleh konsumen untuk merchant dan juga produknya. Review dari pelanggannya sangat bermanfaat untuk memantau apakah barang yang dijualnya bagus atau malah tidak sesuai dengan foto yang diberikan.
Di Lazada, kamu dapat melihat rating beserta review seller. Kamu bisa cek ulasan konsumen di fitur review dan jumlah bintang si penjual sebagai rating. Semua penjual di Lazada sudah dikurasi dan dijaga dengan baik oleh manajemen, jadi kamu pasti aman belanja online di sana.
Produk di toko online kesehatan
Ilustrasi belanja online. Foto: shutterstock

5. Tanya Ketersediaan Sebelum Beli

Sebelum memencet tombol beli, ada baiknya tanya-tanya dulu ke si penjual untuk memastikan ketersediaan produk yang dimiliki merchant.
Fitur chat untuk berbincang langsung dengan penjual tersedia di Lazada. Segala pertanyaan yang ingin kalian ajukan bisa melalui fitur chat ini. Setelah memastikan seller punya stoknya, kalian bisa beli barangnya dengan tenang.

6. Pantau Garansi Barang

Hal yang patut jadi perhatian kalian sebelum belanja online adalah garansinya, terutama produk jenis peralatan elektronik yang harganya jelas tinggi. Dengan membaca informasi garansinya, kalian dapat memahami bagaimana cara klaim kerusakan dan syarat yang dibutuhkan.
Kalau mau seller yang memberi kepastian dari sisi keaslian dan garansi produk, kamu bisa pilih para pemegang merek atau toko besar yang membuka akun resmi dengan tanda LazMall. Akun resmi di LazMall dipastikan menjual produk asli alias non-KW.

7. Perhatikan Total Biaya

Sebelum masuk ke proses pembayaran, kalian harus memperhatikan total biaya yang dikenakan. Biaya tambahan macam ongkos kirim tak boleh luput dari pembeli. Jika total harga sedikit membengkak karena biaya pengiriman ekspres, itu adalah hal yang wajar. Karena ekspres menjamin produk kalian cepat sampai di rumah.
Di momen ulang tahun ke-8 Lazada yang jatuh pada 27 Maret 2020, e-commerce ini semakin banyak memberikan gratis ongkir ke pengguna. Ada juga lho potongan harga alias diskon besar yang bertebaran di beragam kategori produk.
Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock

8. Pilih Metode Pembayaran yang Diinginkan

Enaknya belanja online di e-commerce adalah ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan. Kalian bisa transfer lewat ATM bank terdekat, pakai kartu kredit, bayar di minimarket Alfamart atau Indomaret, atau bahkan melalui aplikasi mobile bank.
Khusus Lazada, mereka menyediakan beragam pilihan pembayaran. Selain yang disebutkan di atas, mereka juga bermitra dengan Kredivo dan DANA. Kalian juga bisa memakai metode COD atau bayar di tempat sehingga aman dan nyaman.
Setelah menyelesaikan pembayaran, kalian bisa kembali bekerja dari rumah alias WFH di tengah imbauan pemerintah untuk belajar, bekerja, dan ibadah di rumah. Tinggal tunggu barangnya sampai di depan rumah lewat kurir LEL Express. Jangan lupa juga memberikan review dan rating ke seller sesuai pengalaman yang dirasakan, agar si penjual bisa mengevaluasi diri untuk memberikan jasanya lebih baik lagi di masa depan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan