Tekno & Sains
·
8 September 2020 8:40

Cara Cek dan Lapor Nomor Rekening Penipuan yang Bikin Resah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Cek dan Lapor Nomor Rekening Penipuan yang Bikin Resah (132096)
Cara periksa nomor rekening yang mencurigakan melakukan penipuan. Foto: Thinkstock
Media sosial Twitter dibuat heboh oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang melakukan prank terhadap toko online (online shop) yang melakukan penipuan. Bahkan, Kaesang sampai berani transfer sejumlah uang ke rekening penipu tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak disangka, penjual itu malah mengembalikan uang yang diberikan Kaesang, lalu memblokir akunnya. Walaupun sudah tahu akun online shop itu menipu, Kaesang tetap saja mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku. Ia boleh saja melakukan itu, tapi sebenarnya ada platform resmi dari pemerintah untuk memeriksa rekening yang dicurigai melakukan penipuan.
Platform tersebut adalah situs CekRekening.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan dan pelaporan rekening penipuan.
Cara Cek dan Lapor Nomor Rekening Penipuan yang Bikin Resah (132097)
Halaman depan situs cekrekening.id milik Kominfo. Foto: screenshot
Tidak hanya penipuan, situs web tersebut juga bisa untuk pengecekan rekening untuk investasi palsu, narkotika dan obat terlarang, dan kejahatan lainnya. Publik bisa memanfaatkan portal CekRekening.id sebelum bertransaksi online melalui transfer rekening bank, dengan harapan terhindar atau terlibat dari kejahatan.
ADVERTISEMENT

Cara cek nomor rekening

  • Buka situs cekrekening.id
  • Masukan nama bank dan nomor rekening. Selanjutnya cek list pada bagian I'm not a robot.
  • Jika rekening yang kamu masukan tergolong dalam tindak penipuan, investasi palsu, narkotika dan obat terlarang, dan kejahatan lainnya, maka akan muncul.

Cara lapor nomor rekening penipuan

  • Buka situs https://cekrekening.id/lapor
  • Lalu isi form dengan lengkap dan lampirkan bukti screenshot
  • Setelah itu, data dan bukti yang kalian kirimkan akan diverifikasi oleh tim.
  • Nantinya, pelapor tinggal menunggu hasil tindak lanjut dari laporan
Bila terjadi kesalahan, misal, rekening kamu ada dalam daftar kejahatan tapi tidak melakukan penipuan tindak pidana apa pun, kamu dapat mengajukan normalisasi. Hal tersebut dilakukan agar rekening kamu terhapus dari database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.
ADVERTISEMENT
Syarat pengajuan normalisasi adalah sebagai berikut:
  • Pemilik rekening melaporkan secara online atau offline disertai capture bukti sanggahan dari aduan pelapor.
  • Dalam hal tertentu, penyelenggara aplikasi dapat mempertemukan antara pelapor dan pemilik rekening jika terjadi perbedaan pendapat.
  • Penyelenggara aplikasi akan memberi tanda khusus atas rekening yang masih dalam tahap dispute antara pelapor dan pemilik rekening.