Tekno & Sains15 September 2020 6:31

Cara Laporkan Kantor yang Tak WFH Saat PSBB Ketat Jakarta via Aplikasi

Konten Redaksi kumparan
Cara Laporkan Kantor yang Tak WFH Saat PSBB Ketat Jakarta via Aplikasi (829715)
Situasi kerja di kantor open space. Foto: Shutterstock
Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mulai Senin (14/9). Dalam kebijakan itu, operasional kantor swasta dan kantor pemerintahan di masa PSBB akan dibatasi dan diutama untuk para karyawannya melakukan work form home (WFH).
ADVERTISEMENT
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan kantor swasta wajib membatasi karyawan yang masuk ke kantor sebesar 25 persen selama pemberlakuan PSBB di Jakarta. Sementara, untuk kantor pemerintahan di zona dengan risiko tinggi, pegawai diperbolehkan masuk kantor dengan jumlah maksimal 25 persen dari pegawai.
"Lalu terkait dengan perkantoran swasta yang masuk dalam kategori non-esensial, pimpinan wajib mengatur mekanisme bekerja dari rumah untuk pegawai. Bila harus kerja di kantor, wajib membatasi 25 persen," ujar Anies saat menggelar konferensi pers di Balai Kota, Minggu (13/9).
Cara Laporkan Kantor yang Tak WFH Saat PSBB Ketat Jakarta via Aplikasi (829716)
Suasana di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta saat dibuka kembal di masa PSBB transisi. Foto: Dok. DPMPTSP DKI.
Jika kantor kamu bukan menjadi salah satu dari 11 sektor usaha yang masih boleh beroperasi dan tidak memberlakukan WFH, bisa melaporkan ke Pemprov melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini) yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.
ADVERTISEMENT
Cara cukup mudah untuk membuat laporan, namun harus disertai lampiran foto dan deksripsi pelanggaran yang terjadi. Identitas kamu juga akan dirahasiakan atau bersifat anonim. Setiap pelaporan akan mendapatkan notifikasi untuk progres penyelesaian.
Cara Laporkan Kantor yang Tak WFH Saat PSBB Ketat Jakarta via Aplikasi (829717)
Cara laporan kantor yang tak WFH saat PSBB Jakarta. Foto: kumparan
Untuk lebih lengkap bagaimana langkahnya membuat laporan di aplikasi JAKI, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Download aplikasi JAKI terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi JAKI, lalu tekan bagian "Lapor" di bawah layar.
  • Foto situasi kantor secara langsung atau bisa mengambil dari Galeri perangkat. Namun, ada syarat khusus untuk ambil foto di Galeri, foto tidak boleh lebih dari dua jam saat pengambilan dan file foto memiliki informasi metadata dan tag lokasi.
  • Jika sudah pilih bagian pelaporan "Hubungan Pekerja-Pengusaha".
  • Isi dekripsi pelanggaran yang terjadi secara detail dan lokasi kantor. Selanjutnya, tekan ikon centang di pojok kanan atas layar.
  • Laporan kamu akan langsung masuk ke database dan segera diproses. Untuk mengecek proges pelaporan bisa lihat di bagian "Profil" atau ingin melihat laporan pelanggaran PSBB dari orang lain bisa cek pada menu JakRespons.
ADVERTISEMENT
Apabila kamu menemukan tempat di Jakarta yang masih menimbulkan keramaian dan melanggar protokol kesehatan, seperti pasar, restoran, atau lainnya, bisa juga melaporkan melalui aplikasi JAKI. Caranya hampir sama, namun bagian pelaporannya dipilih Gangguan Ketenteraman dan Ketertiban.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white