kumparan
search-gray
Tekno & Sains19 Mei 2020 19:14

Cara Menghibur Diri Sendiri saat PSBB dan Enggak Bisa ke Mana-mana

Konten Redaksi kumparan
Bermain smartphone
Ilustrasi menonton film di rumah Foto: Shutterstock
Pandemi virus corona tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik manusia, tapi juga psikologis. Situasi yang mengharuskan semua orang untuk melakukan segala kegiatan di rumah ini berpotensi menyebabkan risiko gangguan kesehatan mental.
Rasa bosan dan rindu keluarga di kampung halaman dapat membuat seseorang merasa lelah hingga kesulitan mengontrol emosi. Kalau terlalu lama seperti itu, bisa-bisa menyebabkan stres dan mempengaruhi imunitas tubuh.
Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghibur diri di rumah, ya. kumparan juga telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa bosan dan stres saat enggak bisa ke mana-mana.

Tetap berkomunikasi meski tanpa kehadiran fisik

Berkomunikasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan biar enggak stres. Luangkan waktu untuk untuk video call dengan keluarga, teman, atau dengan pacar. Meski hanya sekadar lewat aplikasi, namun koneksi itu bisa berpengaruh besar pada kesehatan mentalmu.
Selagi video call-an, hindari membicarakan soal pandemi ini dan nikmati kebersamaan dengan mengobrol hal yang menyenangkan.
zoom
Ilustrasi video call saat beraktivitas di rumah.
Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi video chat yang sekaligus punya fitur game interaktif di dalamnya, seperti Houseparty dan Among Us.

Main game online interaktif

Menyenangkan diri sendiri selama pandemi dengan bermain game menjadi salah satu anjuran dari WHO (World Health Organization). Aktivitas menyenangkan ini harus dilakukan untuk menyeimbangkan kesehatan mental.
“Dengarkan musik, baca buku, atau main game," kata pemimpin WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, ketika berbicara tentang hal menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah saat pandemi ini.

Streaming film

Ada banyak platform streaming film yang menyediakan tayangan film berkualitas yang bisa diakses di rumah. Di Indonesia sendiri, kamu bisa mengakses Viu, KlikFilm, Netflix, dan Amazon Prime.
Tontonlah film-film komedi, romansa, action atau dokumenter, yang sekirangnya dapat menghibur dirimu.
com-Ilustrasi streaming film dan series favorit
com-Ilustrasi streaming film dan series favorit Foto: Shutterstock
Mengingat aktivitas video call hingga streaming film ini akan sangat menguras data seluler, tentu kamu harus menyiapkan kuota internet yang cukup untuk berlama-lama teleponan. Nah, biar enggak pusing habis uang gara-gara beli kuota terus, kamu bisa menggunakan provider yang menyediakan layanan harga terjangkau tetapi berkualitas. Tri (3) adalah salah satu provider telekomunikasi yang bisa mengakomodir kebutuhan tersebut. Apalagi Tri juga punya paket internet AlwaysOn Unlimited.
Paket ini menyediakan akses internet tanpa batas untuk semua aplikasi online termasuk aplikasi video call, media sosial, game online, e-commerce hingga streaming film dan musik. Akses tanpa batas ini diberikan dari pukul 1.00 hingga 17.00.
Ada juga paket Tri lain yang memberikan akses premium gratis ke platform streaming film seperti Viu, KlikFilm, dan Amazon Prime. Kalau kamu menggunakan paket itu, kamu bisa mengakses semua film di platform tersebut tanpa iklan dan tanpa biaya registrasi.

Berikut daftar paket AlwaysOn Unlimited

- 1,5 GB = Rp 15.000 (masa berlaku mengikuti masa aktif kartu)
- 2 GB = Rp 19.000 (masa berlaku mengikuti masa aktif kartu)
- 3 GB = Rp 28.000 (masa berlaku mengikuti masa aktif kartu)
- 6 GB = Rp 39.000 (masa berlaku mengikuti masa aktif kartu)
- 6 GB = Rp 55.000 (6 GB internet mengikuti masa aktif kartu + internet Unlimited hanya berlaku pada pukul 01.00 - 17.00, berlaku 30 hari)
- 10 GB = Rp 80.000 (10 GB internet mengikuti masa aktif kartu + internet Unlimited hanya berlaku pada pukul 01.00 - 17.00, berlaku 30 hari)

Daftar Paket Keep On gratis akses ke platform streaming film

- 3 GB = Rp 19.000 (3 GB internet + 10 menit telepon + 10 SMS + langganan games di Trixogo + akses KlikFilm, berlaku selama 3 hari)
- 3 GB = Rp 19.000 (3 GB internet + 10 menit telepon + 10 SMS + langganan games di Trixogo + akses Genflix, berlaku selama 3 hari)
- 3 GB = Rp 19.000 (3 GB internet + 10 menit telepon + 10 SMS + langganan games di Trixogo + akses VIU, berlaku selama 3 hari)
- 5 GB = Rp 30.000 (5 GB internet + 20 menit telepon + 20 SMS + langganan games di Trixogo + akses VIU, berlaku selama 7 hari)
- 5 GB = Rp 30.000 (5 GB internet + 20 menit telepon + 20 SMS + langganan games di Trixogo + akses KlikFilm, berlaku selama 7 hari)
- 8 GB = Rp 59.000 (8 GB internet + 100 menit telepon + 100 SMS + langganan games di Trixogo + akses KlikFilm, berlaku selama 30 hari)
- 18 GB = Rp 99.000 (18 GB internet + 100 menit telepon + 100 SMS + langganan games di Trixogo + akses KlikFilm, berlaku selama 30 hari)
- 1 GB = 58.000 (1 GB internet + akses Amazon Prime Video, berlaku selama 30 hari)
- 5 GB = 75.000 (5 GB internet + 100 menit telepon + 100 SMS + akses Amazon Prime Video, berlaku selama 30 hari)
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tri Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white