Lazada
21 Mei 2020 14:21

Cara Praktis Belanja Sembako dan Sayuran di E-commerce

Cara Praktis Belanja Sembako dan Sayuran di E-commerce (7846)
Seorang pengguna membuka aplikasi Lazada. Foto: Dok. Lazada
Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing untuk memutus rantai penularan virus corona membuat akses pemenuhan kebutuhan makanan pokok sedikit terganggu. Pergerakan masyarakat kini dibatasi dan harus tetap berada di rumah. Solusi terbaik untuk mendapatkan kebutuhan pokok saat ini, ya, salah satunya dengan belanja online.
E-commerce kini tak melulu menjajakan televisi, smartphone, laptop, baju, tas, atau sepatu saja. Mereka juga menyediakan beragam produk sembako, termasuk sayur dan buah segar. yang saat ini sudah banyak ditawarkan oleh berbagai merchant. Belanja semua itu bisa dilakukan di laptop atau ponsel, sambil duduk manis di rumah menunggu barangnya datang.
Selain belanjanya mudah, beli sembako di e-commerce juga bisa menghemat biaya. Ingat, e-commerce selalu menghadirkan beragam voucher diskon dan promo menarik setiap hari, yang membuat produk kebutuhan pokok yang dijual menjadi murah. Agar belanja sembako dan sayuran di e-commerce semakin praktis, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Riset untuk Perbandingan Harga

Sebelum belanja, tidak ada salahnya melakukan riset perbandingan harga sembako dan sayuran yang dijual toko online di platform e-commerce. Tujuan membandingkan harga adalah agar kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Setiap e-commerce, termasuk Lazada, mencantumkan harga kebutuhan pokok yang dijual mitra toko online-nya, sehingga kamu tidak perlu repot bertanya ke penjualnya. Di Lazada, harga sembako dan sayuran yang ditawarkan mitra penjualnya cukup kompetitif dengan produk di pasar konvensional. Harga yang didapat bisa 20 persen lebih murah, karena Lazada memotong mata rantai distribusi produk. Barang dagangan ini langsung didistribusikan dari petani ke konsumen.

2. Cari Penjual yang Tepat, Cek Juga Official Store

Tak sedikit penjual di e-commerce yang menawarkan sembako, buah, hingga sayur yang sama. Namun, kualitasnya bisa saja berbeda satu sama lain. Itu sebabnya kalian harus pintar dalam memilih toko online yang tepat sebelum belanja.
Jika bingung memilihnya, kamu bisa cek para penjual sembako resmi di Lazada. Dengan misi menjadi e-commerce andalan di kala pandemi, saat ini Lazada telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga/ mitra penjual yang menyediakan kebutuhan bahan makanan pokok yang terjamin kualitas dan kesegarannya. Salah satunya adalah, BUMN Badan Urusan Logistik (Bulog) yang menyediakan beras, gula, minyak, tepung terigu, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, konsumen bisa mendapat berbagai potongan harga hingga penawaran gratis ongkos pengiriman jika beli di Flagship Store Bulog.
Sementara itu untuk mendapatkan berbagai pilihan sayur-mayur segar, Lazada juga telah bermitra dengan Rumah Sayur Cisarua dan juga pasar komoditi nasional, dengan merk dagang Cari Sayur. Oh iya, semua produk yang terdapat di laman Rumah Sayur Cisarua, merupakan produk hasil panen dari kurang lebih 2.500 petani di Cisarua, Bogor, yang merupakan petani - petani binaan Institut Pertanian Bogor. Jadi, dengan berbelanja sayur mayur segar di Lazada, kamu tidak hanya mendapatkan sayuran segar berkualitas, tapi juga membantu mensejahterakan para petani dan juga memastikan keberlanjutan usaha mereka, loh!
Cara Praktis Belanja Sembako dan Sayuran di E-commerce (7847)

3. Jangan Lupa Tanya Stok Produk

'Malu bertanya sesat di jalan.' Istilah ini juga berlaku saat belanja online. Cara paling aman kalau kamu mau ngobrol dengan pedagang online, adalah lewat platform e-commerce itu sendiri. Kalau di Lazada, ada fitur pesan yang namanya IM Chat. Konsumen bisa bertanya apapun kepada penjual lewat IM Chat ini.
Tapi yang perlu kamu ingat adalah hindari untuk bertransaksi di luar platform resmi ya - karena hal ini bisa mengarahkan kamu ke laman tipuan yang kemudian dapat merugikan diri sendiri. Jangan mau ikut arahan oknum tak bertanggung jawab yang meminta data pribadi kamu ataupun meminta kamu untuk transfer di luar platfom e-commerce. Kalau sampai melakukan pemesanan atau transaksinya dilakukan di luar platform, maka secara otomatis perusahaan e-commerce tidak bertanggung jawab atas transaksi tersebut. Semua kerugian yang diderita konsumen akan jadi tanggung jawab dia pribadi.

5. Cek Pilihan Pengiriman

Setelah memasukkan barang kebutuhan pokok ke dalam keranjang troli, saatnya memilih pengiriman. Di Lazada, ada dua opsi yang bisa dipilih: reguler dan instant.
Jika kamu memilih pengiriman instant, pesanan akan diantar oleh mitra kurir Gojek, melalui armada GoSend - yang memungkinkan pesanan tiba dalam kurun waktu tiga jam sejak dikonfirmasi oleh penjual. Apabila kamu memilih pengiriman instant, kamu akan diminta untuk memasukan alamat lengkap untuk titik pengiriman agar mempercepat proses pengantaran dan memastikan kesegaran pesanan tetap terjaga.
Sementara untuk opsi reguler, logistik akan dilakukan oleh Lazada sendiri dan didukung pula oleh mitra logistik lainnya. Armada logistik Lazada, Lazada Express (LEX), didukung oleh lebih dari 8,500 mitra kurir yang siap mengantar pesanan kamu di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia.
Ada sedikit catatan untuk kalian yang memilih belanja online sembako di e-commerce. Dengan kondisi pandemi COVID-19 dan peraturan PSBB, ada kemungkinan pengiriman akan sedikit mengalami keterlambatan. Situasi ini tak bisa dihindari dengan terbatasnya armada transportasi di sejumlah daerah yang telah menerapkan PSBB.
PSBB membuat frekuensi kendaraan menjadi lebih sedikit, sehingga proses pengiriman mungkin menjadi lebih lama. Harap maklum jika produk sembako atau buah yang dibeli sampai ke tangan kalian sedikit lama dari jadwal seharusnya.
Cara Praktis Belanja Sembako dan Sayuran di E-commerce (7848)
Memilih metode pembayaran di platform Lazada. Foto: Dok. Lazada

6. Pilih Metode Pembayaran

Waktunya transaksi pembayaran. Untuk mengantisipasi penularan virus corona, ada baiknya kamu minimalkan metode Bayar di Tempat alias Cash on Delivery (COD). Pastikan juga pembayaran ini dilakukan di dalam platform e-commerce resmi.
Di Lazada, ada beragam pilihan metode pembayaran. Ada kartu kredit, bank transfer, internet banking, dompet digital Dana, hingga pembayaran lewat mitra minimarket seperti Indomaret maupun Alfamart. Untuk pemilihan pembayaran melalui bank, misalnya, kamu akan diberikan waktu 24 jam. Sementara pembayaran dengan kartu kredit dan Dana akan langsung diproses secara otomatis.
Setelah selesai melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan notifikasi tentang status pesanan, mulai dari produk diproses dan dikemas, hingga produk itu tiba di rumahmu.
Sambil menunggu kurir datang ke rumah mengirim sembako, sayur, atau buah segar yang sudah kalian beli, kamu juga bisa beramal di platform Lazada dengan membayar zakat profesi, zakat maal, hingga zakat fitrah. Umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah untuk menyempurnakan ibadah puasanya. Apalagi, saat ini sudah memasuki hari-hari Ramadhan.
Lazada sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga penyalur zakat yang terpercaya di Indonesia, seperti BAZNAS, Baitul Maal Hidayatullah, Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, Griya Yatim dan Dhuafa, LAZIZMU, NU Care, LAZIZNU, Rumah Zakat, dan Rumah Yatim.
Metode pembayaran zakat pun semudah kamu berbelanja di Lazada, bisa menggunakan kartu kredit, bank transfer, internet banking, dompet digital Dana, hingga di counter Alfamart dan Indomaret. Bukti pembayaran zakat akan langsung masuk ke email, kamu.
Inilah #BerkahAdaDiRumah. Selamat berbelanja dan beramal ya!