Tekno & Sains
·
22 Januari 2021 10:55

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Screenshot di Laptop Windows 7 (145474)
Ilustrasi menggunakan laptop Foto: Shutter Stock
Melakukan screenshot atau tangkapan layar menjadi penting karena dapat menangkap gambar atau beberapa bagian dari halaman web di layar laptop secara instan. Selain itu, screenshot juga memungkinkan pengguna mengekspresikan beberapa hal yang sulit dijelaskan tanpa bantuan visual.
ADVERTISEMENT
Meskipun bukan versi terbaru, pengguna laptop berbasis Windows 7 masih bisa melakukan tangkapan layar dengan empat cara berbeda. Berikut adalah berbagai cara screenshot di laptop Windows 7.

Pakai ScreenShot.net

Ada beberapa aplikasi pembantu untuk melakukan screenshot, salah satunya adalah yang ditawarkan di situs web ScreenShot.net. Alat ini mudah digunakan dan tentu saja gratis.
Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki tangkapan layar berkualitas tinggi dari apa pun di layar komputer. Untuk cara screenshot dengan website ini bisa kamu ikut langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Buka situs web ScreenShot.net di Google Chrome, Mozilla Firefox, dan browser website lain.
  2. Klik tombol Take Screenshot dan pilih Download Launcher untuk unduh launcher aplikasinya.
  3. Setelah Launcher-nya diunduh, sekarang kamu dapat mulai mengambil tangkapan layar dengan mengklik ikon kamera pada antarmuka alat.
  4. Seret bagian layar yang ingin kamu tangkap dan lepaskan mouse untuk mengambil tangkapan layar.
  5. Tangkapan layar akan muncul bersama dengan opsi pengeditan. Edit tangkapan layar jika Anda perlu.
  6. Unggah tangkapan layar di ruang Cloud gratis yang disediakan oleh situs web.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ScreenShot.net juga menyediakan aplikasi mandiri versi desktop yang menyediakan lebih banyak fungsi, termasuk berbagai mode tangkapan layar, tangkapan layar otomatis, merekam apa pun yang ada di layar, dan lain sebagainya. Pengguna dapat mengunduhnya dengan klik tombol Download Desktop Version di halaman utama ScreenShot.net.
Cara Screenshot di Laptop Windows 7 (145475)
Microsoft Windows 7. Foto: Mark Blinch/Reuters

Pakai Snipping Tool

Windows 7 memiliki alat snipping bawaan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot seluruh layar atau sebagian layar. Bentuk default yang digunakan untuk mengambil cuplikan layar adalah berbentuk persegi, tetapi jika pengguna ingin menggunakan bentuk lain, cukup pilih fungsi " Free-Form Snip".
Untuk membuat screenshot di Windows 7 dalam menggunakan alat ini, pengguna cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka Snipping Tool dengan klik "Accessories".
  2. Pilih bentuk snip atau potongan screenshot yang ingin digunakan.
  3. Klik tombol New untuk membuat snip baru dan seret area snip atau pilih jendela untuk mengambil screenshot setelah layar memudar.
  4. Sebuah jendela baru akan terbuka setelah snip dibuat, sehingga pengguna dapat menambahkan highlight dan teks pada gambar.
  5. Simpan gambar yang diambil dengan mengklik ikon disk atau hanya dengan menekan tombol pintas "Ctrl + S".
ADVERTISEMENT

Kombinasi Kunci Default

Untuk menangkap seluruh layar komputer, kamu dapat memanfaatkan tombol PrtScr (Print Screen) pada keyboard dengan tekan kombinasi tombol "Alt + PrtSc" untuk mengambil gambar halaman yang aktif.
Tapi, kamu perlu program tambahan untuk menyimpannya sebagai file gambar, seperti Paint, PhotoShop, atau Microsoft Word.
Kamu perlu menggunakan program lain untuk menyimpannya sebagai file gambar seperti, paint, photoshop, atau microsoft word. Buka Paint, dan tekan "Ctrl + V" untuk menempelkan tangkapan layar di halaman yang kosong. Kemudian klik tombol simpan atau klik tombol bergambar disket dipojok kiri atas untuk menyimpan hasil screenshot di laptop kamu.
Itulah cara sederhana untuk screenshot di Windows 7. Kamu sebenarnya tidak perlu membayar apa pun karena alat tangkap layar tersedia gratis dan sangat mudah digunakan.
ADVERTISEMENT