Tekno & Sains
·
22 Oktober 2020 13:46

Cara Video Call WhatsApp Hingga 50 Orang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Video Call WhatsApp Hingga 50 Orang (132278)
Ilustrasi WhatsApp Foto: REUTERS/Thomas White
WhatsApp saat ini telah meningkatkan kemampuan fitur video call di aplikasi mereka hingga bisa menampung banyak orang. Tak tanggung-tanggung, kini pengguna WhatsApp bisa melakukan video call hingga 50 orang peserta.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, fitur video call 50 orang ini telah tersedia untuk WhatsApp Web di laptop dan PC. Ternyata, fitur ini juga sudah bisa digunakan untuk pengguna aplikasi WhatsApp di handphone (HP).
Saat ini, fitur video call WhatsApp hingga 50 orang di HP baru tersedia untuk sejumlah kecil pengguna di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir, sebab fitur tersebut akan segera diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam waktu dekat.
Sebagai catatan, fitur video call ini memanfaatkan integrasi antara WhatsApp dengan Facebook Messenger. Integrasi tersebut memungkinkan pengguna WhatsApp beralih ke fitur Messenger Rooms untuk membuat ruang atau "room" guna melakukan video call grup dengan jumlah peserta hingga 50 orang.
Cara Video Call WhatsApp Hingga 50 Orang (132279)
WhatsApp Group calls. Foto: Dok. Facebook
Peserta yang ingin bergabung tidak harus login atau memiliki akun Facebook. Mereka juga bisa bergabung melalui perangkat HP, laptop, atau PC.
ADVERTISEMENT
Untuk tata letak tampilan video call akan menampilkan hingga 16 peserta pada layar desktop dan 8 peserta pada seluler. Desainnya menyerupai aplikasi Zoom.
Paling penting, video call ini bisa digunakan gratis dan tidak ada batasan waktu dalam melakukan panggilan video. Pengguna juga bisa melakukan share screen atau berbagai layar ke peserta lainnya.
Lalu, bagaimana cara video call WhatsApp 50 orang di HP? Kamu bisa lihat tata caranya berikut ini:
  • Pengguna harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang digunakan adalah versi terbaru. Kemudian, pengguna wajib mengunduh aplikasi Facebook Messenger terlebih dahulu.
Cara Video Call WhatsApp Hingga 50 Orang (132280)
Fitur Messenger Rooms di WhatsApp Foto: Dok. kumparan
  • Untuk memulai video call, buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih 'create a room' pada menu titik tiga di bagian kiri atas dekat foto profil.
ADVERTISEMENT
  • Selanjutnya, pilih opsi "Continue in Messenger".
  • Pengguna otomatis akan dialihkan menuju Aplikasi Facebook Messenger. Di sini, pengguna akan diminta untuk login ke akun Facebook sebelum memulai video call.
-Setelah login, pilih "Create Room as ...".
-Voila! Video call sudah bisa dimulai dengan jumlah peserta maksimal 50 orang. Kamu bisa bagikan link undang ke peserta lain, melalui chat WhatsApp.
Selamat mencoba!