kumparan
18 Februari 2019 12:59

#DebatPintarJokowi Jadi Tagar yang Paling Nyaring saat Debat Kedua

Debat Pertama Pilpres, Joko Widodo, Prabowo Subianto
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan capres no urut 02 Prabowo Subianto sebelum mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019. Foto: Setneg/Agus Suparto
Momen Debat Pilpres 2019 kedua yang digelar pada Minggu (17/2) malam diramaikan oleh para pendukung masing-masing kubu dengan adu tagar di Twitter.
ADVERTISEMENT
Pendukung calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, meneriakkan #DebatPintarJokowi, sedangkan pendukung capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, melambungkan #PrabowoMenangDebat.
Kedua tagar ini beradu nyaring di daftar trending topic Twitter. Dan mungkin banyak yang penasaran, sebenarnya tagar mana yang paling nyaring?
Twitter telah mengungkap urutan tagar yang paling banyak digunakan terkait Debat Pilpres 2019 kedua. Ternyata, #DebatPintarJokowi menjadi tagar yang paling populer di Twitter, sementara itu #PrabowoMenangDebat ada di posisi kedua.
Meski begitu, Twitter memberi catatan jika urutan ini tidak merefleksikan sentimen percakapan terhadap kedua paslon.
Untuk urutan lengkapnya, bisa dilihat dalam daftar berikut ini.
1. #DebatPintarJokowi
2. #PrabowoMenangDebat
3. #DebatPilpres2019
4. #DebatSebel
5. #CurhatPilpres2019
6. #DebatKeduaPilpres2019
7. #Debat02PrabowoMenang
ADVERTISEMENT
8. #NewEraPrabowoSandi
9. #JokowiOrangnyaBaik
10. #DebatCapres
Jumlah tweet yang beredar tentang Debat Pilpres 2019 kedua mencapai 1,5 juta. Menurut laporan Twitter, puncak percakapan mengenai debat kedua ini terjadi sekitar pukul 22.00-23.00 WIB, dengan hampir 290.000 tweet per menit.
Ilustrasi Twitter
Ilustrasi Twitter. Foto: REUTERS/Kacper Pempel
Debat Pilpres 2019 kedua hanya mempertemukan kedua capres saja, Jokowi dan Prabowo, tanpa ditemani calon wakil presiden masing-masing. Tema debat yang dibahas kali ini adalah infrastruktur, lingkungan, energi, dan pangan.
Twitter memang masih menjadi salah satu platform media sosial favorit masyarakat Indonesia untuk mengeluarkan pendapatnya terkait berbagai hal, termasuk politik. Ini bisa dilihat bagaimana lini masa Twitter belakangan ini dipenuhi percakapan-percakapan politik jelang Pilpres 2019.