kumparan
12 Apr 2019 13:15 WIB

Disney Plus Meluncur 12 November, Siap Saingi Netflix

Platform streaming film Disney Plus. Foto: Disney
Para penikmat layanan streaming film seperti Netflix siap-siap bakal memiliki pilihan hiburan baru nantinya. Raksasa hiburan Disney akhirnya telah memastikan tanggal peluncuran layanan streaming film milik mereka, yaitu Disney Plus.
ADVERTISEMENT
Disney Plus dipastikan bakal meluncur pada 12 November 2019. Layanannya akan tersedia di aplikasi untuk Android dan iOS, bisa diakses melalui smart TV, browser web, di tablet, dan konsol game. Harga untuk berlangganan Disney Plus hanya 6,99 dolar AS atau sekitar Rp 99 ribu per bulan atau 69,99 dolar AS atau Rp 990 ribu per tahun.
Harga berlangganan ini sedikit lebih murah dari Netflix yang di Indonesia menerapkan harga Rp 109 ribu untuk paket Dasar dan paling mahal Rp 169 ribu untuk paket premium.
Kevin Mayer, pimpinan unit direct-to-consumer Disney, menjelaskan Disney Plus juga sudah menjalin kesepakatan dengan Roku dan Sony untuk ketersediaan di platform mereka masing-masing.
Untuk layanannya sendiri, antarmuka Disney Plus sekilas memang terlihat mirip Netflix. Pengguna Disney Plus akan disambut oleh barisan konten yang direkomendasikan. Serial TV terbaru atau film terbagi ke dalam beberapa kategori.
ADVERTISEMENT
Tidak seperti Netflix, ada lima kotak di bagian atas halaman depan, yang akan membawa pengguna untuk menikmati konten dari waralaba Disney lainnya, seperti Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan National Geographic.
Platform streaming film Disney Plus. Foto: Robert Iger/Twitter
Pelanggan Disney Plus bisa membuat profil personal untuk memilih konten apa saja yang menarik bagi dirinya. Ada juga parental control yang akan otomatis diterapkan untuk profil anak. Semua konten Disney Plus bisa diunduh dan dinikmati secara offline, dan perusahaan menjanjikan kualitas hingga 4K HDR.
Dalam pengenalan Disney Plus kepada publik, Mayer juga mengumumkan beberapa proyek baru yang akan memperkaya konten layanan streaming ini. Misalnya saja Disney mengonfirmasi bahwa Marvel sedang mengerjakan serial TV untuk karakter 'Avengers' seperti Falcon (Anthony Mackie) dan Winter Soldier (Sebastian Stan).
ADVERTISEMENT
Ada juga dua proyek lain yang dikonfirmasi dari Marvel Studios yang berfokus pada karakter Loki, Hawkeye, Monsters, Inc., High School Musical Show, dan seri 'Star Wars - The Mandalorian'. Tidak hanya itu, film-film terbaru dari Disney akan bisa dengan cepat dinikmati di Disney Plus. Dalam satu tahun, Disney bisa menyediakan 500 film dan 7.500 episode serial TV.
Loki dalam film 'Avengers' Foto: www.marvel.com
Hadirnya Disney Plus akan memanaskan persaingan layanan video on-demand. Layanan milik Netflix, Amazon, dan Apple akan bekerja lebih keras untuk bersaing dengan Disney Plus. Banyak konten Disney yang hadir di layanan streaming lain seperti Netflix dan Amazon telah dihentikan. Konten-konten tersebut nantinya akan hadir di Disney Plus.
Disney juga mengonfirmasikan bahwa akan ada kemungkinan untuk menggabungkan langganan Disney Plus, ESPN Plus, dan Hulu. Disney diketahui memiliki saham mayoritas di Hulu setelah mengakuisisi 21st Century Fox.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan