WhatsApp Image 2020-05-04 at 13.05.11 (1) Cropped.jpg
7 Mei 2020 14:49

E-commerce Banyak Tebar Diskon saat Ramadhan, Ini Cara Dapatkannya

E-commerce Banyak Tebar Diskon saat Ramadhan, Ini Cara Dapatkannya (148811)
Ilustrasi belanja online di platform Lazada. Foto: Lazada
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, di mana umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak ibadah lainnya untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa.
Ramadhan mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih banyak waktu ibadah, perubahan jam kerja, dan waktu istirahat. Perubahan itu juga terjadi dalam situasi pandemi virus corona saat ini, di mana banyak orang melakukan banyak aktivitas, seperti belajar dan bekerja di rumah.
Physical distancing dan Ramadhan membuat masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibanding hari-hari biasa. Tidak hanya berbelanja, tapi juga mencari hiburan, kesempatan beribadah bahkan berolahraga. E-commerce adalah salah satu platform yang kemudian sering dikunjungi di masa ini. Karena sekarang, e-commerce bukan cuma dipakai untuk belanja memenuhi kebutuhan harian, tapi juga jadi sumber hiburan berkat berbagai fitur yang ada di dalamnya. Di samping itu, dalam keadaan seperti sekarang, e-commerce turut membantu para mitra merchant UMKM untuk tidak hanya dapat bertahan di kala pandemi ini, tapi bahkan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Salah satu program yang senantiasa dijumpai saat Ramadhan juga tetap hadir di platform e-commerce bahkan di masa pandemi corona seperti saat ini, yaitu banyaknya penawaran potongan harga atau diskon dan program menarik lainnya.
Pasti kamu sudah kepikiran untuk memanfaatkan program diskon dari e-commerce untuk membeli kebutuhan saat ini, atau mungkin barang impian yang lama diidamkan. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk cari program diskon yang terbaik dan tidak mengganggu ibadah saat Ramadhan?
Baik, untuk menjawab kegundahan kamu, kumparan punya tips yang mungkin bisa kamu terapkan saat ini untuk mendapatkan diskon impian.

1. Buat daftar barang yang diinginkan

Tips pertama ini ada banyak manfaatnya. Kamu tidak akan kebablasan atau gelap mata saat melihat barang diskon di e-commerce. Ketika sudah buat daftar barang yang diperlukan dan diinginkan, kamu akan fokus untuk melakukan pencarian diskon.
Kamu juga bisa membandingkan harga barang sebelum dan sesudah diskon, agar dapat membuat keputusan yang tepat saat membelanjakannya.
Setelah buat daftar barang-barang yang kamu butuhkan atau inginkan, kamu bisa juga mencari inspirasi melalui program #BerkahAdaDiRumah di channel livestreaming Lazada, LazLive, setiap hari Senin - Jumat di jam 10.30 - 11.30 pagi dan 16.30 WIB - 17.30 dan juga livestreaming para penjual di Lazada di pukul 9 pagi setiap harinya. Melalui program ini kamu bisa menikmati Ramadhan di rumah sembari mendapatkan berbagai tips & trik, seperti inspirasi outfit of the day, ide dekorasi rumah, tips memasak a la chef ternama, bahkan sesi olahraga! Tentunya sambil menonton kamu juga bisa langsung membeli barang-barang yang ditampilkan pada saat acara berlangsung dengan promo menarik. Double Wins!

2. Cek jadwal promo

Agar tidak kelewatan saat program diskon berlangsung, ada baiknya kamu sigap cek promo yang diadakan platform e-commerce selama Ramadhan kali ini. E-commerce Lazada sendiri tengah melakukan program Ramadhan Sale yang berlangsung dari 17 April hingga 17 Mei 2020 yang akan datang.
Nah, pada tanggal 5-7 Mei 2020, promo itu sedang ada diskon terbesar. Kamu bisa lihat-lihat barang apa aja yang lagi diskon dan promo lainnya. Kalau takut ketinggalan momen ini, kamu bisa aktifkan push notification di aplikasi Lazada. Ingat, prioritaskan dulu barang-barang yang sudah masuk dalam daftar belanjaan tadi ya.
Selanjutnya, kalau mau tahu program-progam diskon apa saja yang ada di Lazada, bisa cek juga akun media sosialnya, seperti Instagram Lazada (@Lazada_id). Di sana ada informasi waktu program diskon seperti Brand Mega Offer, yang kasih harga spesial untuk produk-produk dari merek kesayangan kamu. Ini berlangsung setiap hari dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.
Lalu, ada informasi Crazy Flash Sale yang setiap harinya bisa memungkinkan kamu untuk dapatkan barang yang kamu inginkan hanya dengan harga Rp 9. Satu hal yang juga penting, mengecek akun Instagram Lazada ini bisa bikin kamu dapatkan hadiah menarik. Jadi, buruan cek, deh!

3. Kumpulkan voucher belanja

Selain sudah memberikan diskon besar-besaran, e-commerce biasanya juga kasih berbagai program menarik untuk potongan harga tambahan. Seperti di Lazada, kamu bisa mengumpulkan voucher belanja, yang bisa digunakan untuk pembelian apa saja.
Voucher belanja yang disediakan Lazada bisa kamu kumpulkan sebanyak-banyaknya dan gratis! Besaran voucher bermacam-macam, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000 atau ada juga potongan harga 20 persen.

4. Cek potongan harga tambahan

Di Lazada ada cara fun lainnya yang bisa kamu lakukan untuk dapat potongan harga tambahan. Caranya gampang. Cukup dengan main game. Iya, main game.
Lazada ada program Lucky Egg. Dengan main Lucky Egg di aplikasi Lazada ini, kita bisa mendapatkan voucher belanja, gratis ongkir, dan dapat berkah senilai Rp 50 juta. Ini patut banget dicoba.
Selain itu, teknologi Shoppertainment Lazada juga menghadirkan, LazGame, loch. Di sana tersedia berbagai macam game seperti Slash It, LazCity, Mini Bump, Lazzie Hop, Moji-Go, Popping Ballons, dan lainnya. Kamu bisa main untuk mengumpulkan koin dan menukarkannya dengan voucher belanja atau hadiah langsung.

5. Pakai gratis ongkir

Agar diskon yang kamu dapat maksimal, bisa cari program gratis ongkos kirim atau ongkir. Jadi, tanpa mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya pengiriman, kami bisa langsung mendapatkan barang yang kamu inginkan.
E-commerce Banyak Tebar Diskon saat Ramadhan, Ini Cara Dapatkannya (148812)
Lazada juga punya program gratis ongkir se-Indonesia selama program Ramadhan Sale. Manfaatkan fitur gratis ongkir di Lazada ini yang didukung oleh armada logistik Lazada (LEX) dan juga mitra logistiknya yang punya jaringan kuat di Indonesia. Tapi kamu juga musti ingat, sekarang ini ada beberapa daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang mungkin jadi tantangan berat untuk layanan logistik lantaran berkurangnya moda transportasi yang umumnya menjadi fasilitas pengiriman barang pada intra dan antar daerah. Frekuensi penerbangan, kereta api, bahkan kendaraan antar kota menjadi lebih sedikit, sehingga proses pengiriman menjadi lebih panjang. Jadi, kita maklumi dan bersabar saja ya, yang pasti barangnya akan sampai dengan selamat di rumah kamu.

6. Habis ikut diskon jangan lupa beramal

Bulan Ramadhan sudah seharusnya memperbanyak untuk beramal. Setelah mengikuti program diskon di Lazada, bisa juga ikut program #BerkahAdaDiRumah untuk berbagi ke sesama selama menjalankan puasa di rumah.
Lazada telah bekerja sama dengan Kitabisa.com untuk memungkinkan kamu membayar zakat mal dan zakat fitrah. Zakat tersebut akan disalurkan ke berbagai lembaga di Indonesia, seperti BAZNAS, Baitul Maal Hidayatullah, Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, Griya Yatim dan Dhuafa, LAZIZMU, NU Care, LAZIZNU, hingga Rumah Yatim. Kalau kamu mau ikut serta bisa mengklik link ini untuk informasi yang lebih lengkap.