Tekno & Sains
·
17 April 2020 15:02

Empat Game Smartphone yang Oke Buat Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Empat Game Smartphone yang Oke Buat Anak (59540)
Anak kecil asyik dengan smartphone. Foto: Shutterstock
Selama periode social distancing di tengah wabah corona ini, bukan cuma orang dewasa yang bakal merasa bosan di rumah. Anak-anak pun akan kehilangan keceriaan dan waktu bermain yang selama ini didapat bersama teman luar rumah.
Sementara itu, anda sendiri tak bisa 24 jam menemani anak anda. Meski berada di rumah, pekerjaan tetap ada (dan makan siang itu dan cuci piring dan setrikaan yang menggunung). Anda akan bertanya-tanya, apakah baik meninggalkan anak bermain game di smartphone sendirian, meski akhirnya menyerah karena tak ada pilihan lain.
Gawai memang jadi pisau bermata dua buat tumbuh kembang anak anda. Di satu sisi ada ancaman kecanduan, lepas dari tanggung jawab, bahkan tanpa anda ketahui menghabiskan pulsa dengan membeli game di PlayStore (atau App Store). Di sisi lain, hampir mustahil di masa kini melarang anak untuk sama sekali lepas dari game di smartphone.
Salah satu yang mungkin jadi solusi adalah memilih dan mengawasi apa saja game yang bisa dimainkan. Untuk itu, kumparan punya empat rekomendasi game edukatif yang bisa dimainkan anak anda tanpa harus khawatir akan dampak buruk yang mungkin ditimbulkan.
Berikut daftar game edukatif agar game anak anda tak melulu WormZone.io:

1. Teach Your Monster to Read

Video
Dalam game ini, anda akan diajak untuk membuat sebuah monster. Setelahnya, monster itu akan berpetualang, mengumpulkan harta karun (coin) dan mengalahkan beberapa tantangan. Masalahnya monster buatanmu tidak bisa membaca!
Di sini, anak anda akan mengajari monster buatannya untuk membaca—alias membuat anak anda belajar membaca. Tersedia dalam tiga level dari umur anak yang baru belajar huruf, game ini sepertinya cukup oke mengajak anak anda mengenal huruf, mengenal kata, dan belajar membaca.
Download di sini.

2. Seri Endless dari Originator Inc.

Video
Seri Endless memiliki beberapa game, seperti Endless Alphabet, Reader, Numbers, sampai Wordplay. Game ini relatif simpel untuk dimainkan, namun punya konten dan nilai edukasi yang cukup baik buat anak anda belajar.
Endless Alphabet download di sini.
Endless Reader download di sini.
Endless Wordplay download di sini.
Endless Number download di sini.

3. Pet Bingo

Video
Pet Bingo adalah game gratis dari Duck Duck Moose. Game ini menawarkan simulator hewan peliharaan, permainan bingo, dan game matematika.
Apabila anak anda dapat menyelesaikan kuis matematika yang ada, ia akan mendapatkan hadiah berupa binatang kecil untuk dirawat. Menurut pembuat game-nya, game ini cocok buat anak umur 5-10 tahun.
Download di sini.

4. Minecraft

Video
Tentu saja Minecraft ada di daftar ini. Game yang amat populer ini bahkan dimainkan tak hanya anak-anak namun juga orang dewasa.
Anda akan dibawa ke sebuah dunia yang kosong dan harus menambang untuk mendapatkan suatu bahan khusus. Nah, bahan inilah yang bisa digunakan untuk membuat benda-benda lain. Dalam game ini, anda bisa berkreasi tanpa batas.
Download di sini.

BONUS

Game Anak Edukasi Hewan Laut
Video
Game berbahasa Indonesia ini punya banyak mode di dalamnya. Anda bisa belajar mengenal hewan, mewarnai, bermain puzzle, sampai tebak hewan dan tebak bentuk hewan laut. Komplit.
Download di sini.

BONUS LAGI

The Deep Sea dan The Size of Space dari Neal.fun
Empat Game Smartphone yang Oke Buat Anak (59541)
Screenshot laman mula dari The Deep Sea. Dok. Neal.fun
Memang bukan game sih, tapi lebih berbentuk laman web interaktif. Namun, dengan hanya modal scroll-scroll saja, anda bisa belajar banyak soal:
Anda diajak mengenal hewan-hewan bawah laut sampai kedalaman 10.000 meter (melengkapi game nomor lima)
Mengetahui perbandingan ukuran benda yang ada di luar angkasa, dari astronot sampai Sagittarius A*, supermassive black hole, yang besarnya hampir 19 kali matahari.
***
Story ini merupakan bagian dari Pusat Informasi Corona. Sebuah inisiatif yang dirancang kumparan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi corona.