kumparan
12 Juni 2018 17:37

Facebook Bikin Fitur 'Memories' untuk Kenang Hari Terbaik

Halaman 'Memories' di Facebook
Halaman 'Memories' di Facebook. (Foto: Facebook)
Platform media sosial Facebook mengumumkan sebuah halaman baru bernama 'Memories'. Halaman ini menampilkan konten-konten lama yang pernah kamu unggah di Facebook sesuai dengan tanggal saat unggahnya.
ADVERTISEMENT
Ya, halaman ini mirip dengan fitur 'On This Day' yang sering kamu lihat di lini masa Facebook. Tapi, ada tambahan lagi dalam Memories, yaitu ada sejumlah bagian baru seperti 'Friends Made on This Day', rekapitulasi bulanan, dan kenangan yang mungkin kamu lewatkan dari pekan ini.
Intinya, fitur ini adalah fitur sederhana yang bertujuan membuat para pengguna Facebook merasa senang dengan kenangan yang pernah dibuatnya di media sosial tersebut.
Facebook
Perusahaan media sosial Facebook. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Facebook memang berupaya untuk menyempurnakan fitur 'On This Day' sejak pertama kali fitur itu diluncurkan. Upaya ini juga dilakukan untuk menunjukkan postingan positif dan kenangan yang tak menyakitkan. Pengguna dapat menghapus postingan di News eed atau memblokir sejumlah orang dan tanggal tertentu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, fitur ini juga dapat secara otomatis mendeteksi kenangan yang berpotensi negatif berdasarkan reaksi teman dan kata kunci yang digunakan. Postingan yang mengandung hal negatif tidak akan muncul di News Feed.
Dengan begitu, Facebook ingin memberikan kenangan yang manis-manis saja bagi penggunanya dengan hadirnya halaman 'Memories'. Tapi, apakah memang kita hanya punya kenangan manis saja selama menggunakan Facebook?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan