kumparan
20 Juni 2018 16:45

Facebook Bisa Bikin Mata Tertutup di Foto Jadi Terbuka

Teknologi AI Facebook
Teknologi AI Facebook untuk foto. (Foto: Facebook)
Mungkin kamu pernah merasa sebal ketika mengambil foto tapi hasilnya malah mengecewakan karena matamu sedang tertutup. Facebook berupaya mengatasi kekecewaanmu itu dengan mengembangkan fitur yang dapat membuat matamu yang tertutup di foto itu jadi terbuka.
ADVERTISEMENT
Peneliti Facebook menciptakan sebuah algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk melakukan hal ini.
Dilansir Business Insider, dua peneliti bernama Brian Dolhansky dan Cristian Canton Ferrer mencatat dalam makalah mereka untuk Facebook bahwa 'algoritma menyunting wajah' seperti penghapusan mata merah dan makeup virtual telah menjadi sangat populer.
Facebook dan Instagram
Facebook dan Instagram. (Foto: REUTERS/Yves Herman)
Mereka mengadopsi metode tersebut dengan pendekatan baru yang dinamakan General Adversarial Networks (GAN) yang secara teknik telah terbukti dapat bekerja menciptakan selebriti palsu dan mengubah cuaca dalam video.
Mereka melatih AI untuk mengenali mata seseorang dan kemudian menggambar kembali mata tersebut sesuai dengan bentuk dan warna matanya.
Meskipun metode baru ini terlihat menyakinkan karena menghasilkan foto seseorang dengan tampilan mata yang terlihat sama, tapi sebenarnya masih ada kelemahan. Kacamata dan alis mata membuat algoritma AI ini kesulitan untuk membentuk mata baru.
ADVERTISEMENT
Facebook sendiri belum memberikan keterangan resmi apakah fitur terbaru ini akan diaplikasikan ke dalam platform mereka atau tidak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan