Tekno & Sains
·
23 November 2020 11:01

Facebook Messenger dan Instagram Punya Tema Khusus BTS, Begini Cara Pakainya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Facebook Messenger dan Instagram Punya Tema Khusus BTS, Begini Cara Pakainya (580138)
Integrasi platform Facebook Messenger dan Instagram. Foto: Facebook
Facebook meluncurkan banyak fitur baru untuk aplikasi pesan instan Messenger dan media sosial Instagram. Salah satu fitur di antaranya melibatkan boyband populer asal Korea Selatan, BTS.
ADVERTISEMENT
Fitur baru yang dimaksud adalah Chat Theme, yang memungkinkan pengguna personalisasi jendela percakapan atau chat dengan tema yang tersedia. Ada banyak tema yang bakal dihadirkan Facebook, salah satunya tema chat spesial TinyTAN yang menampilkan avatar karakter mungil dari tujuh personel grup K-Pop BTS.
Untuk memakai tema chat khusus BTS cukup mudah. Pengguna bisa mengaktifkan tema TinyTAN di pengaturan percakapan (chat settings), kemudian tekan Theme dan pilih TinyTAN.
Tema chat ini diluncurkan Facebook secara bertahap ke seluruh pengguna. Jadi, harap bersabar bagi Army (sebutan penggemar BTS) yang belum kebagian update aplikasi Facebook Messenger dan Instagram.
Facebook Messenger dan Instagram Punya Tema Khusus BTS, Begini Cara Pakainya (580139)
Tema chat khusus BTS di Facebook Messenger dan Instagram. Foto: Facebook

Nobar di chat Messenger dan Instagram

Fitur baru selanjutnya adalah Watch Together alias nobar (nonton bareng). Sebenarnya fitur ini dibuat untuk melengkapi fitur video call di DM Instagram, di mana kamu dan teman-teman atau keluarga bisa nobar IGTV, Stories dan posting-an lainnya di Instagram.
ADVERTISEMENT
Tapi, sepertinya Facebook akan mengkhususkan platform ini untuk nobar sungguhan alias menonton acara TV atau film atau tayangan lainnya di luar posting-an di platform. Saat ini, kamu sudah bisa menonton tayangan TV shows seperti Post Malone’s Celebrity Sorld Pong Language” dan “Here for It With Avani Gregg”.
Untuk menikmati kedua acara tersebut, kamu bisa memulainya dengan membuat ruang video chat di Instagram atau Messenger, kemudian tekan tombol media di bagian bawah atas jendela dan pilih TV & Movies.
Facebook Messenger dan Instagram Punya Tema Khusus BTS, Begini Cara Pakainya (580140)
Nobar di Facebook Messenger dan Instagram. Foto: Facebook

Chat menghilang otomatis via Vanish Mode

Ada juga fitur pesan hilang yang memungkinkan pengguna Instagram mengirim DM (Direct Message) yang akan terhapus secara otomatis. Fitur ini diberi nama Vanish Mode, alias mode menghilang.
ADVERTISEMENT
Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang menjaga privasi dan tidak ingin pesan penting disimpan pihak lain dalam waktu yang lama. Fitur ini mirip seperti Incognito Mode pada Snapchat yang akan secara otomatis akan menghapus setelah satu hari berlalu.
Cara menggunakan fitur ini sagat mudah. Cukup masuk ke salah satu ruang chat, kemudian swipe ke atas dan jendela chat akan secara otomatis berubah jadi berwarna hitam.
Akan muncul pilihan berapa kali pesan kamu yang dapat diakses oleh penerima. Ada tiga pilihan, yaitu View Once untuk sekali lihat, Allow Replay untuk mengizinkan penerima melihat kembali pesan, atau Keep in chat untuk menyimpan pesan.
Facebook Messenger dan Instagram Punya Tema Khusus BTS, Begini Cara Pakainya (580141)
Vanish Mode di Facebook Messenger dan Instagram. Foto: Facebook