kumparan
28 Februari 2018 12:12

Google Assistant Bakal Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Google di CES 2018
Google di CES 2018. (Foto: Steve Marcus/Reuters)
Perusahaan mesin pencari Google tengah sibuk dengan upayanya memperluas layanan Google Assistant ke berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini diungkap oleh Google dalam sebuah tulisan di blog resminya.
ADVERTISEMENT
Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu mengumumkan Google Assistant bakal tersedia dalam lebih dari 30 bahasa di akhir tahun 2018. Jumlah bahasa tersebut menjangkau 95 peren dari semua ponsel Android yang tersebar di seluruh dunia.
"Saat ini, Assistant tersedia dalam delapan bahasa, dan pada akhir tahun (2018) akan tersedia dalam lebih dari 30 bahasa," tulis Google.
Dan berbahagialah buat kamu orang-orang Indonesia, karena nantinya Google Assistant akan ikut tersedia dalam bahasa Indonesia. Selain bahasa Indonesia, ada bahasa-bahasa lain yang juga akan tersedia dalam Google Assistant nantinya, seperti Denmark, Belanda, India, Norwegia, Swedia, dan Thailand.
Pembaruan itu akan hadir dalam beberapa bulan ke depan baik di perangkat Android maupun iPhone. Setelah itu, Google mengaku akan menambah lagi bahasa baru lainnya ke dalam Assistant.
Google
Perusahaan teknologi Google. (Foto: Charles Platiau/Reuters)
Tak hanya jumlah bahasa yang ditambahkan, tapi asisten digital pintar andalan Google itu juga akan tersedia untuk multilingual alias berfungsi dalam berbagai bahasa. Jadi dengan fitur ini, Google Assistant bisa mengerti ucapan pengguna tidak hanya dalam satu bahasa, tapi berbagai macam bahasa.
ADVERTISEMENT
Misalnya, seorang pengguna berbicara bahasa Jerman di kantornya, tapi menggunakan bahasa Inggris di rumah, untuk itu Google Assistant mampu mengerti kedua bahasa tersebut.
Sayangnya, untuk fitur multilingual tersebut baru bisa digunakan dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman. Untuk bahasa lainnya, Google berupaya untuk menyediakannya ke depannya.
Sejauh ini, belum ada kepastian tanggal kapan Google Assistant dalam bahasa Indonesia akan meluncur dan bisa dinikmati para penggunanya di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan