kumparan
19 Juli 2017 19:38

Google Lounge, Tempat Kumpul dan Kolaborasi Startup di Jakarta

Google Lounge
Suasana Google Lounge di Menara Kibar. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Google memperkuat kerja samanya dengan perusahaan kreatif Kibar di Indonesia, dengan membangun Google Lounge yang dirancang sebagai wadah untuk memperkuat komunitas dan ekosistem startup di Indonesia. Google Lounge ditempatkan di lantai 2 gedung Menara by Kibar yang berlokasi di bilangan Cikini, Jakarta. Google Lounge merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan Google for Entrepreneurs di Indonesia, dengan menjalin kemitraan bersama Kibar. Google for Entrepreneurs sendiri adalah inisiasi Google untuk mendorong perkembangan ekosistem kewirausahaan di berbagai belahan dunia, dengan memberikan dukungan finansial dan sumber daya terbaik Google kepada puluhan co-working space dan program komunitas di 135 negara. CEO Kibar, Yansen Kamto, merasa senang dengan kemitraan timnya bersama Google for Entrepreneurs. Dengan ini ia yakin bisa menghasilkan generasi inovator, kreator, dan entrepreneur baru selanjutnya di Indonesia. "Google Lounge jadi tempat nongkrong para startup untuk berinovasi. Terbuka untuk publik namun aksesnya terbatas. Mengajak orang berkarya sejatinya berawal dari obrolan santai," ucap Yansen di acara peluncuran Google Lounge, Rabu (19/7).
Google Lounge
Suasana Google Lounge di Menara Kibar. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Kerja sama ini membuat Menara Kibar turut mendapatkan akses ke program Google for Entrepreneurs Passport, sehingga para anggota Google Lounge di gedung Kibar itu bisa mengakses lebih dari 20 tempat serupa yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Seoul, Korea Selatan, sampai San Francisco, Amerika Serikat. Michael Kim, Partnership Manager Google for Entrepreneurs, milih Kibar sebagai rekan mitra karena memiliki dedikasi yang tinggi dalam misinya mengembangkan generasi penerus wirausaha di Indonesia, termasuk program 1000 Startup Digital.
ADVERTISEMENT
Sementara Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, mengatakan kerja sama ini memperkuat komitmen Google terhadap Indonesia, khususnya membantu Indonesia menjadi negara perekonomian digital terbesar di Asia Tenggara. "Tim dari Kibar punya hubungan yang sangat dekat dengan para pemain utama di industri ini, serta mengerti cara membangun dan mengembangkan komunitas," ujar Keusgen di tempat sama. Google dikabarkan berupaya memperluas investasi di startup dan ekosistem developer. Mereka berkomitmen untuk melatih sampai 100.000 developer melalui 3 komponen: kurikulum universitas offline untuk para mahasiswa jurusan ilmu komputer, menerjemahan berbagai kursus online ke dalam bahasa Indonesia, dan kombinasi workshop coding online atau offline yang dipandu pelatih, yang diberi nama Indonesia Android Kejar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan