kumparan
17 Agu 2017 9:09 WIB

Google Rayakan Hari Kemerdekaan ke-72 Indonesia dengan Doodle

Google Doodle Kemerdekaan RI. (Foto: Google.)
Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia juga dirayakan oleh Google melalui gambar warna-warni doodle. Tampilan ini bisa dilihat di halaman muka Google bagi pengguna internet di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada tanggal 17 Agustus 2017, Google menampilkan gambar perahu yang ditumpangi enam orang dengan berbagai pakaian adat Indonesia. Di antaranya adalah pakaian adat Papua, Bali, dan Dayak.
Dengan warna yang kaya, doodle itu seakan menggambarkan bahwa masyarakat negara ini penuh keragaman, namun berada dalam satu perahu, yaitu Indonesia. Google dalam penjelasannya mengatakan bahwa bahwa gambar tersebut untuk memperingati "Hari Merdeka" Indonesia.
"Hari ini kami memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang dikenal sebagai Hari Merdeka. Hari ini diadakan untuk merayakan deklarasi kemerdekaan negara bekas jajahan Belanda dari Belanda pada tahun 1945," tulis Google.
Di hari ini, lanjut Google lagi, di Jakarta dan kota-kota besar Indonesia diadakan parade dan pawai penuh warna merah dan putih. Acara lomba-lomba juga diadakan untuk mempererat persaudaraan, seperti balap karung, panjang pinang, dan lomba memasak.
ADVERTISEMENT
Jika doodle Google itu diklik, pengguna internet akan disajikan hasil pencarian untuk kata kunci "Indonesia Independence". Di laman depan juga ditampilkan survei "lomba favorit di 17-an", seperti bakiak, makan kerupuk, balap karung, atau panjat pinang.
Pilihan lomba 17 Agustus oleh Google. (Foto: Google)
Sejauh ini sudah 13 ribu orang yang mengikuti survei itu, dengan keunggulan panjat pinang yang bersaing ketat dengan makan kerupuk.
Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia di Google dibuat oleh Aditya Pratama, seniman grafis asal Bandung, yang terinspirasi dengan semboyan Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika."
Doodle ditayangkan oleh Google untuk memperingati hari-hari khusus atau tokoh spesial di seluruh dunia. Doodle pertama kali dibuat sangat sederhana, pada tahun 1998 untuk memperingati Burning Man Festival. Per 2014, Google telah mempublikasi lebih dari 2.000 doodle internasional dan regional di lamannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan