Tekno & Sains
·
25 Februari 2021 14:06

Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna Gmail dan YouTube di iPhone

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna Gmail dan YouTube di iPhone (14963)
Ilustrasi platform Google. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Google akhirnya mengungkap sejumlah data apa saja yang dikoleksi dari pengguna yang menginstal dua aplikasinya, Gmail dan YouTube, di iPhone dan iPad.
ADVERTISEMENT
Pengguna mungkin bisa berterima kasih kepada Apple, karena pembaruan fitur privasi di iOS 14 'memaksa' developer harus menginformasikan data apa saja yang diambil dari penggunanya di laman aplikasinya di Apple App Store. Apple juga memaksa pengembang aplikasi untuk meminta izin melacak pengguna layanannya, termasuk data yang dibagikan ke pihak ketiga.
Dalam label Privasi App yang diberikan Google pada laman aplikasi Gmail di Apple App Store, perusahaan mengatakan mengambil data berupa pembelian, lokasi, informasi kontak, hingga riwayat pencarian. Sementara untuk data YouTube yang dikumpulkan hampir sama dengan informasi di Gmail, dengan tambahan riwayat penelusuran.
Untuk data pengguna iPhone yang dikumpulkan Google bisa kamu lihat di gambar tangkapan layar di bawah ini.
Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna Gmail dan YouTube di iPhone (14964)
Data pengguna aplikasi Gmail yang dikumpulkan Google dari iPhone dan iPad. Foto: Screenshot Apple App Store
Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna Gmail dan YouTube di iPhone (14965)
Data pengguna aplikasi YouTube yang dikumpulkan dan digunakan untuk pelacakan Google dari iPhone dan iPad. Foto: Screenshot Apple App Store
Tak mengherankan bahwa ada banyak sekali data yang dikumpulkan Google dari pengguna iPhone dan iPad. Setiap data yang dikoleksi ini memiliki tujuannya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Misal, Lokasi, Pengenal, dan Data Penggunaan masuk dalam kategori tujuan 'Iklan Pihak Ketiga'. Ada juga data untuk alasan 'Analitik', yang terdiri dari data Pembelian, Lokasi, Informasi Kontak, hingga Pengenal. Dalam kategori 'Analitik' ini juga ada 'Data Lainnya' yang tidak dijelaskan secara rinci data apa saja yang dimaksud Google.
Detail masing-masing tujuan data yang dikumpulkan aplikasi Gmail dan YouTube bisa dibaca di lamannya masing-masing di Apple App Store.
Sejauh ini, aplikasi Google lainnya, seperti Maps, Photos, Docs, dan Chrome belum menempelkan label Privasi App pada masing-masing lamannya di Apple App Store. Namun, pengungkapan koleksi data Gmail dan YouTube menunjukkan indikasi bahwa Google mungkin akan memasang label serupa di aplikasi lainnya dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT