Tekno & Sains
·
9 Juni 2021 17:00
·
waktu baca 1 menit

Grab dan BRI Ventures Lagi Cari Startup Baru untuk Jadi The Next Unicorn

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Grab dan BRI Ventures Lagi Cari Startup Baru untuk Jadi The Next Unicorn (39353)
Kantor Grab di Singapura. Foto: Edgar Su/Reuters
Grab kembali membuka program akselerasi startup Grab Venture Velocity (GVV) yang kini telah memasuki batch ke-4. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Grab kini menggandeng BRI Ventures untuk berkolaborasi mencari startup-startup berpotensi di Indonesia untuk mau mengembangkan dirinya.
ADVERTISEMENT
Program Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira sendiri mengusung tema “Scaling Up Together: Empowering Startup, Supporting Microentrepreneurs”. Program akselerator ini akan mengidentifikasi dan membina startup post-seed di Indonesia yang produk dan layanannya fokus melayani kebutuhan pedagang dan pengusaha mikro.
"Kami memberikan bimbingan, mentorship, dan juga kesempatan untuk melakukan pilot project bersama. Ke depannya, kami pastinya berharap memberikan yang terbaik kepada para startup dan hari ini baru membuka GVV Batch 4 X Sembrani Wira dan kami tidak sabar menyambut startup baru untuk mendaftar program ini," kata Neneng saat konferensi pers virtual, Rabu (9/6).
Grab dan BRI Ventures Lagi Cari Startup Baru untuk Jadi The Next Unicorn (39354)
Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia Foto: Grab Indonesia
Neneng menambahkan, Grab membantu semua startup untuk dibimbing supaya bisa scale up dan mencoba bergabung di ekosistem superapp terkemuka di Asia Tenggara. Tujuan kami dari GVV, sendiri menurut Neneng, agar startup-startup bisa besar seperti Grab dan berharap menghasilkan unicorn-unicorn yang lebih banyak lagi, serta memberdayakan UMKM di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sementara, CEO BRI Ventures Nicko Widjaja, menjelaskan tujuan dari program akselerator ini adalah untuk membantu para founder startup mempercepat pertumbuhan bisnisnya, sehingga siap memasuki pasar yang lebih luas secara regional maupun global.
“Selama satu dekade terakhir, ekosistem startup Indonesia tumbuh lebih besar, lebih baik, dan lebih berkelanjutan meskipun terjadi krisis di tahun 2020. Sekarang founder sudah sangat jauh berbeda, dari tingkat eksekusi ke tingkat pola pikir. Kami sangat optimis bahwa kelompok ini akan menjadi salah satu yang terbaik yang pernah saya tangani dalam karier saya,” kata Nicko di acara yang sama.
Grab dan BRI Ventures Lagi Cari Startup Baru untuk Jadi The Next Unicorn (39355)
CEO BRI Ventures Nicko Widjaja. Foto: BRI
Program GVV Batch 4 X Sembrani Wira, tidak menargetkan sektor tertentu saja untuk mencari startup yang siap dibimbing, namun ada beberapa kriteria yang menjadi variabel dalam proses seleksinya. Kriteria itu sendiri, mereka mencari startup yang lebih siap secara model bisnis dan produknya.
ADVERTISEMENT
Peserta startup juga sudah mendapatkan pendanaan dari angel investor maupun pemodal ventura (post-seed startup). Kemudian, memiliki model bisnis yang mampu menyediakan layanan bagi UMKM, contoh: Point of Sale (POS), Customer Relationship Management, e-Commerce enablement, Software as a Service (SaaS), dan model bisnis lainnya yang relevan.
Startup yang berpartisipasi bakal memiliki kesempatan menghubungkan usaha mereka ke basis pelanggan dan pengguna Grab yang besar (pengguna, mitra merchant dan mitra pengemudi). Belajar dengan berbagai pembicara dari berbagai industri untuk membawakan topik yang relevan untuk para startup.
Grab dan BRI Ventures Lagi Cari Startup Baru untuk Jadi The Next Unicorn (39356)
BRI Ventures. Foto: Dok. BRI Ventures
Adapula sesi mentorship 1:1 dengan para expert di bidangnya, Networking dengan bertemu dan menjalin hubungan dengan para startup founders, alumni, tim dan partners dari Grab & BRI Ventures. Dan, salah satu yang paling dicari adalah berkesempatan untuk mendapatkan strategic partnership dari Grab dan/atau pendanaan dari BRI Ventures.
ADVERTISEMENT
Grab Ventures Velocity dimulai sejak tahun 2018 dan hingga saat ini, telah meluluskan 20 startup dari berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Beberapa lulusan program GVV yang saat ini masih menjalin kerja sama dengan Grab adalah Sayurbox, Tanihub dan Qoala.
Sembrani Wira adalah program akselerator BRI Ventures yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan startup digital di Indonesia dan membuka kesempatan sinergi bersama BRI Group. Saat ini Sembrani Wira telah membina 8 startup pada batch pertama di tahun 2021.