kumparan
11 Februari 2020 20:22

Indonesia Jadi Tuan Rumah Turnamen Free Fire Champions Cup 2020

Konferensi Free Fire Champions Cup 2020
Konferensi pers Free Fire Champions Cup 2020. Foto: Garena
Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah kompetisi esports berkelas dunia, yakni Free Fire Champions Cup 2020. Turnamen internasional khusus game mobile Free Fire ini akan diselenggarakan di Jakarta pada 19 April 2020.
ADVERTISEMENT
Free Fire Champions Cup 2020 bakal diikuti oleh 12 tim esports yang berasal dari empat benua, yaitu Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Mereka akan memperebutkan total hadiah Rp 8,18 miliar.
Garena Indonesia berkata, ini merupakan kabar gembira bagi ekosistem dan industri esports Indonesia. Untuk menjadi tuan rumah kompetisi game Free Fire internasional, Indonesia harus melalui proses negosiasi dan bidding yang panjang, dan hanya negara dengan indikator pertumbuhan esports baik yang bisa menjadi tuan rumah Free Fire Champions Cup 2020.
“Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan Free Fire Champions Cup menunjukan bahwa ekosistem esports Tanah Air terus terbangun. Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan esports di Indonesia yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah,” kata Hans Kurniadi Saleh, selaku Direktur Garena Indonesia, dalam pernyataan resmi yang diterima kumparan, Selasa (11/2).
Konferensi Free Fire Champions Cup 2020
Hans Kurniadi Saleh, Direktur Garena Indonesia. Foto: Garena
Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah turnamen game Free Fire bertaraf internasional, setelah Thailand yang sukses menggelar Free Fire World Cup 2019 lalu. Di kejuaran yang berlangsung di Bangkok itu, tim esports Indonesia, Evos, berhasil keluar sebagai juaranya.
ADVERTISEMENT
Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Free Fire Champions Cup 2020 mendapat respons positif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Mereka bilang, pihaknya mendukung penuh turnamen tersebut dengan harapan bisa melahirkan talenta eSport Indonesia yang berprestasi.
“Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut positif turnamen Free Fire Champions Cup 2020, dan mendukung turnamen ini bisa berlangsung sukses. Kami berharap event ini akan memperkaya, menambah semakin banyaknya event-event lingkup dunia di Indonesia,” ujar Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.
Konferensi Free Fire Champions Cup 2020
Gatot S. Dewa Broto, Sekretaris Kemenpora. Foto: Garena
Dukungan serupa juga disampaikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Free Fire Champions Cup 2020 diharapkan bisa memberi dampak positif terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
Ia juga berpesan kepada Garena Indonesia untuk memastikan event ini berlangsung sukses dan jauh lebih baik dari kompetisi game Free Fire sebelumnya di Thailand dan Brasil.
ADVERTISEMENT
"Dengan penyelenggaraan yang sukses dan memberikan experience yang luar biasa itu akan menjadi motivasi bagi atlet-atlet kita untuk berjuang lebih keras dan memiliki semangat yang lebih besar sehingga memberikan prestasi yang lebih banyak,” ucapnya.
Game Battle Royale Free Fire
Game battle royale Free Fire. Foto: Garena
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan