kumparan
28 Agustus 2018 9:17

Indonesia Raih Medali Emas Pertama di Cabang eSports Asian Games 2018

Indonesia raih medali emas di cabang eSports. (Foto: IESPA/Facebook)
Ridel Yesaya Sumarandak berhasil mencetak sejarah bagi Indonesia di ajang Asian Games 2018. Remaja yang baru berusia 16 tahun itu sukses mengharumkan nama bangsa setelah menjuarai turnamen ekshibisi game 'Clash Royale' untuk cabang olahraga eSports.
ADVERTISEMENT
Berkat kemenangannya ini, Ridel berhak membawa pulang medali emas dari pertandingan yang digelar di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (27/8). Ini menjadi medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2018 dari cabang eSports.
Di babak final, remaja yang dikenal dengan nickname BenZerRidel itu sukses menumbangkan wakil dari China, Huang Chenghui atau Lciop, dengan skor telak 3-0. Sebelumnya ia sudah berhasil mengalahkan Lciop pada ronde pertama dengan skor 3-1.
Hasil tersebut membuat Indonesia mendapat medali emas, disusul China dengan medali perak dan Vietnam dengan medali perunggu.
Sebelumnya, Ridel yang masih bersekolah di SMAN 3 Tondano, Manado, itu berhasil lolos ke babak Grand Final melalui winner bracket setelah mengalahkan wakil Vietnam 3-2.
ADVERTISEMENT
Dalam ajang olahraga terbesar se-Asia ini, pertandingan game 'Clash Royale' diikuti oleh delapan negara, yakni Laos, Hong Kong, Indonesia, China, Vietnam, Uzbekistan, Arab Saudi, dan India.
Sebanyak delapan atlet dari delapan negara ini berduel satu lawan satu dengan tujuan utama adalah menghancurkan sebanyak mungkin tower di wilayah lawan.
Ridel Yesaya Sumarandak, atlet eSports Indonesia di Asian Games 2018. (Foto: IESPA/Facebook)
Game 'Clash Royale' sendiri adalah game mobile dengan genre real-time strategy (RTS). Permainan yang dirilis sejak 2016 oleh Supercell ini dapat dimainkan secara online dalam mode multiplayer.
Perlu diingat, bahwa perolehan medali cabor eSports tidak akan mempengaruhi posisi klasemen peserta Asian Games 2018, karena statusnya masih ekshibisi atau uji coba.
Indonesia masih bisa menunjukkan prestasinya di cabang eSports. Masih ada 4 game yang tersisa, yaitu 'League of Legends', 'StarCraft II', 'Hearthstone', dan 'Pro Evolution Soccer 2018'.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan