Tekno & Sains
·
14 Juni 2021 13:59
·
waktu baca 1 menit

Indosat Dapat Izin Gelar 5G dari Kominfo, Bakal Rilis di 4 Kota

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Indosat Dapat Izin Gelar 5G dari Kominfo, Bakal Rilis di 4 Kota (333459)
searchPerbesar
Kantor pusat Indosat Ooredoo di Jakarta. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Operator seluler Indosat akhirnya mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) jaringan 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (14/6). Dengan izin ini, Indosat berhak menggelar komersialisasi jaringan 5G di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Indosat sendiri telah melalui Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G bersama Kominfo pada 3-4 Juni 2021. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan, uji jaringan tersebut dilakukan di Jakarta.
"Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) telah mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi layanan 5G kepada PT. Indosat Tbk," kata Johnny dalam sesi konferensi pers virtual.
Izin tersebut membuat Indosat menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang menggelar jaringan 5G. Sebelumnya, Telkomsel telah menggelar jaringan tersebut lebih dulu setelah mendapatkan SKLO dari Kominfo pada akhir Mei 2021.
Indosat Dapat Izin Gelar 5G dari Kominfo, Bakal Rilis di 4 Kota (333460)
searchPerbesar
Menkominfo Johnny G Plate memberikan paparannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (7/4). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Berbeda dari jaringan 5G Telkomsel yang berjalan di frekuensi 2,3 GHz, Indosat akan menggelar 5G mereka di pita frekuensi 1,8 GHz.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, tidak jelas kapan Indosat akan merilis internet 5G mereka secara komersial. Selama sesi konferensi pers, baik Indosat dan Kominfo tidak menyebut tanggal rilis komersial.
Namun, CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz Al-Neama, mengungkap empat wilayah yang bakal menikmati 5G tahap awal dari Indosat.
"Pada tahap awal layanan 5G kami akan tersedia di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar, dan akan diikuti dengan kesiapan ekosistem," katanya.