Tekno & Sains
·
14 Juni 2021 14:49
·
waktu baca 2 menit

Ini 4 Kota Pertama yang Kebagian 5G Indosat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini 4 Kota Pertama yang Kebagian 5G Indosat (553022)
searchPerbesar
Kantor pusat Indosat Ooredoo di Jakarta. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo akhirnya mengumumkan empat kota pertama yang bakal mendapat jaringan 5G tahap awal dari mereka. Keempat kota tersebut terdiri dari Jakarta, Surabaya, Solo, dan Makassar.
ADVERTISEMENT
Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz Al Neama di Jakarta, Senin(14/6), menyusul penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kominfo) ke operator seluler tersebut.
"Pada tahap awal layanan 5G kami akan tersedia di Jakarta, Solo, Surabaya dan Makassar, dan akan diikuti dengan kesiapan ekosistem," kata Al Neama dalam konferensi pers virtual, Senin (14/6).
Dengan surat izin tersebut, Indosat resmi menjadi operator seluler kedua yang menggelar jaringan 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Mereka mengikuti jejak Telkomsel yang telah menggelar jaringan tersebut lebih dulu setelah mendapatkan SKLO dari Kominfo pada akhir Mei 2021.
Ini 4 Kota Pertama yang Kebagian 5G Indosat (553023)
searchPerbesar
Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Dalam sesi konferensi pers, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa Indosat telah melalui Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G bersama Kominfo pada 3-4 Juni 2021 di Jakarta.
ADVERTISEMENT
"Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) telah mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi layanan 5G kepada PT. Indosat Tbk," jelas pria berkacamata itu.
Berbeda dari jaringan 5G Telkomsel yang berjalan di frekuensi 2,3 GHz, Indosat akan menggelar 5G mereka di pita frekuensi 1,8 GHz.
Hingga saat ini, tidak jelas kapan Indosat akan merilis internet 5G mereka secara komersial. Selama sesi konferensi pers, baik Indosat dan Kominfo tidak menyebut tanggal rilis komersial.
Ini 4 Kota Pertama yang Kebagian 5G Indosat (553024)
searchPerbesar
Ilustrasi 5G. Foto: REUTERS/Sergio Perez
kumparanTECH telah menghubungi pihak Indosat lebih lanjut terkait hal ini. Menurut Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, pihaknya bahwa rilis komersialisasi jaringan 5G pada bulan ini.
Sebelumnya, Steve menyatakan bahwa Indosat siap menggelar jaringan 5G usai lolos ULO dari Kominfo.
ADVERTISEMENT
"Pada prinsipnya Indosat siap untuk 5G, sesuai statement kami sebelumnya “we are 5G ready”," ungkap Steve pada awal Juni 2021.
"Oleh karena itu setelah proses ULO selesai, tentunya kami akan mempersiapkan layanan 5G yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh ekosistem."