kumparan
search-gray
Tekno & Sains4 Juni 2020 21:08

Ini yang Dilakukan Samsung untuk Hadapi PSBB Transisi dan New Normal

Konten Redaksi kumparan
Samsung Electronic Indonesia
Samsung Electronic Indonesia Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja mengumumkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Kamis (4/6). Anies mengatakan, mulai Jumat (5/6), DKI Jakarta akan memasuki masa transisi PSBB menuju new normal.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Samsung Indonesia sudah mulai bersiap untuk mengoperasikan kembali toko-toko ritel mereka yang berada di mal atau sarana umum lainnya. Nantinya, Samsung juga akan menerapkan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah dalam menerapkan new normal.
Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Irfan Rinaldi, mengungkap beberapa protokol itu di antaranya ialah setiap toko ritel Samsung akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk. Selain itu semua pengunjung juga diwajibkan untuk memakai masker.
“Nanti akan ada limit, ada pembatasan konsumen yang ada di toko. Pengunjung dan karyawan juga harus menggunakan masker, dan sebelum masuk kita tes suhu badan,” kata Irfan, dalam acara launching virtual smartphone Galaxy A11 dan Galaxy A21s, Kamis (4/5).
Irfan Rinaldi
Irfan Rinaldi, Product Marketing Samsung Mobile. Foto: Caroline Pramantie/kumparan
Penggunaan masker sendiri memang diwajibkan ketika berpergian di Jakarta. Kalau ada yang melanggar, mereka akan dikenakan denda sebesar Rp 250.000 atau membayarnya dengan dua buah masker.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Samsung juga akan memberikan disinfektan pada produk dummy di toko secara berkala untuk menghindari penularan dari pengunjung ke pengunjung.
Di sisi lain, Samsung juga masih akan terus memperkuat pelayanan secara online. Bagi masyarakat yang memilih untuk melanjutkan physical distancing dengan belanja online, mereka bisa mendapatkan layanan yang sama baiknya dengan layanan offline.
“Kalau di store ada yang bisa memberikan rekomendasi, di online kita ada virtual consultant. Secara virtual bisa ditanya dan ada juga yang bisa memberikan masukan HP apa yang cocok untuk kita,” jelas Irfan.
Selama masa transisi di Jakarta, akan ada beberapa pelonggaran PSBB di beberapa sektor, di antaranya adalah transportasi umum, toko, restoran, dan departement store seperti mal.
Lebanon-Virus Corona
Physical distancing di rumah ibadah. Foto: REUTERS / Ali Hashisho
Namun, Anies menekankan bahwa baik transportasi, tempat beribadah, restoran maupun toko hanya diizinkan menampung 50 persen orang dari kapasitas aslinya. Hal ini untuk mencegah kerumunan dan saling dempet satu sama lain saat sedang antre atau belanja.
ADVERTISEMENT
Jika aturan ini bisa dipatuhi, maka Anies akan membawa Jakarta masuk ke fase kedua masa transisi. Tapi, aturan ini bisa dibatalkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 jika ditemukan masalah atau kenaikan angka penularan pada fase pertama.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white