kumparan
15 Februari 2020 20:01

Instagram Uji Fitur Tampilkan Foto dan Video Terbaru di Feed

Instagram (Portrait)
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: freestocks via Pixabay
Banyak pengguna Instagram yang merindukan algoritma lama platform berbagi foto dan video pendek tersebut. Dahulu, kita selalu melihat konten terbaru di posisi paling atas linimasa atau feed.
ADVERTISEMENT
Namun, sekarang Instagram telah mengubah algoritmanya dengan menempatkan konten yang paling relevan di posisi teratas feed. Konten relevan itu didasarkan berbagai hal, salah satu yang utama adalah intensitas interaksi pengguna, seperti kebiasaan memberikan like kepada akun itu, atau berkomentar, kirim DM, dan lainnya.
Kini, Instagram sedang menguji fitur bernama 'Latest Posts'. Dalam fitur ini, memungkinkan pengguna melihat daftar foto atau video terbaru dari akun-akun yang diikuti. Menurut laporan TechCrunch, dalam uji coba itu terlihat ada pop-up yang keluar di feed pengguna, di mana pengguna bisa memilih untuk melihat konten terbaru.
Memang fitur itu belum benar-benar seperti 'Most Recent' yang dimiliki oleh Facebook di News Feed. Tapi saat diluncurkan nanti, fitur Latest Posts ini bisa memberikan kepuasan bagi pengguna yang tidak ingin ketinggalan konten-konten terbaru dari teman-temannya.
Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. Foto: REUTERS/Charles Platiau
Purwarupa fitur ini pertama kali ditemukan oleh Jane Manchun Wong, yang dikenal biasa mengungkap fitur-fitur baru yang belum dirilis oleh platform media sosial. Kepada TechCrunch, ia memberikan tangkapan layar yang menunjukkan pop-up Latest Posts dan bagaimana halaman Latest Posts itu ditampilkan.
ADVERTISEMENT
Instagram sendiri pertama kali beralih ke algoritma yang relevan sejak pertengahan 2016 silam. Algoritma ini mendapatkan protes dari sejumlah pengguna aplikasi, yang merasa ketinggalan sejumlah postingan terbaru dari teman-temannya.
Sebelumnya, Instagram berupaya mengatasi masalah ini dengan menampilkan keterangan 'You're All Caught Up' apabila pengguna sudah melihat semua postingan yang diunggah selama 48 jam ke belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan