kumparan
25 September 2019 16:03

iPhone 11 Laris Manis, Jumlah Permintaan di Luar Ekspektasi

iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Tahun 2019 jadi tahunnya Apple. Setelah berbagai skeptisisme dari para analis, ternyata kehadiran iPhone 11 disambut hangat dengan banyaknya permintaan dari konsumen.
ADVERTISEMENT
Ya, banyak analis pesimis nasib iPhone 11 akan mujur dengan alasan lebih banyak pengguna smartphone yang menunda pembelian smartphone baru. Tapi, nyatanya kehadiran iPhone 11 justru terlihat mengikuti jejak iPhone XR yang sukses di pasaran.
Bahkan, gara-gara banyaknya permintaan iPhone 11, Apple terpaksa menunda pengiriman perangkat yang dipesan lewat jalur pre-order. Berdasarkan iPhone Availability Tracker, waktu tunggu pemesanan di minggu pertama hanya selama 6 hari, namun memasuki minggu kedua, waktu tunggunya molor hingga 12 hari.
Sementara itu, kenaikan waktu tunggu tidak terjadi pada pemesanan varian iPhone 11 Pro dan iPhone Pro Max. Padahal, kedua iPhone itu lebih unggul dalam hal spesifikasi dibanding varian standarnya. Awalnya, analis memperkirakan kedua perangkat itu akan tiba dalam 21 hari.
Unboxing iPhone 11, ketika ponsel dinyalakan. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Sebelumnya, para analis menilai iPhone 11 akan hadir dengan peningkatan fitur yang tidak jauh berbeda dibandingkan iPhone XS dan XR yang meluncur sebelumnya. Ditambah lagi mereka memperkirakan waktu rata-rata orang berganti smartphone saat ini bertambah menjadi hanya 33 bulan sekali atau sekitar 3 tahun sekali.
ADVERTISEMENT
Selain itu, mereka juga masih berpatokan pada kesuksesan iPhone 5c yang jauh lebih laris dibandingkan generasi iPhone X. Padahal bisa dibilang, kehadiran iPhone XR juga cukup sukses, mengalahkan iPhone XS dan iPhone XS Max.
Unboxing iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Bisa dibilang, kesuksesan penjualan iPhone 11 di tahap awal ini menjadi bukti bahwa Apple siap menghadapi berbagai tantangan dalam meluncurkan iPhone dengan strategi sendiri. Ya, salah satunya dengan menjual smartphone ini dengan harga 50 dolar AS lebih murah dibandingkan pendahulunya.
iPhone 11 Pro dijual mulai dari 999 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta, sementara iPhone 11 Pro Max mulai dari 1.199 dolar AS atau sekitar Rp 16,8 juta. Untuk iPhone 11 sendiri dijual mulai 699 dolar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan