kumparan

John Legend Jadi Pengisi Suara di Aplikasi Google Assistant

Enam Suara Baru hadir di Google Assistant
Enam Suara Baru hadir di Google Assistant (Foto: Stephen Lam/Reuters)
Tidak hanya memperkenalkan sistem operasi terbarunya, Android P, Google juga mengumumkan sejumlah pembaruan dari berbagai layanan yang dimilikinya dalam konferensi tahunan Google I/0 di Mountain View, California, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Layanan asisten digital miliknya, Google Assistant, menjadi salah satu yang mendapatkan pembaruan. Salah satu fitur terbaru yang unik dari Google Assistant adalah penambahan enam suara baru, yang satu di antaranya diisi penyanyi kenamaan John Legend.
Suara-suara baru ini diciptakan melalui program yang saat ini tengah dikembangkan oleh Google dengan perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang berbasis di Inggris, WaveNet yang merupakan anak perusahaan DeepMind.
John Legend jadi pengisi suara Google Assistant
John Legend jadi pengisi suara Google Assistant (Foto: Stephen Lam/Reuters)
WaveNet tidak hanya membantu Google dalam merekam suara John Legend, tapi juga dapat menghadirkan suara penyanyi lagu 'All of Me' ini masuk ke dalam repertoar suara asisten untuk dapat menjawab pertanyaan apa pun.
"WaveNet membantu Google benar-benar menangkap suara John Legend dengan jelas dan tidak monoton," kata CEO Google, Sundar Pichai, dalam konferensi tersebut, Selasa (8/5) waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Video
Dilansir The Verge, WaveNet menggunakan mesin pembelajaran untuk memproses audio yang direkam dengan menganalisis bentuk gelombang dari database yang berasal dari ucapan manusia dan menciptakannya kembali dengan kecepatan 24.000 sampel per detik. Hasil akhirnya akan mendeteksi aksen dan gerak mulut dengan jelas.
WaveNet pertama kali diintegrasikan ke Google Assistant pada Oktober lalu (meskipun hanya dalam bahasa Jepang dan Inggris) dan telah menawarkan 32 suara berbeda yang mampu berbicara dalam 12 bahasa.
Jika kamu sudah tidak sabar untuk mendengarkan suara merdu dari John Legend untuk menjawab semua pertanyaanmu, harap bersabar. Penambahan enam suara termasuk suara Legend baru akan tersedia di Google Assistant pada akhir tahun ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan