Tekno & Sains
·
22 Februari 2021 16:41

Kapan Clubhouse Tersedia di Android?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapan Clubhouse Tersedia di Android? (56652)
Ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse. Foto: William Krause/Unsplash
Dalam beberapa pekan terakhir, screenshot aplikasi Clubhouse kerap meramaikan timeline Twitter ataupun Instagram Stories. Umumnya, screenshot tersebut dibagikan oleh pengguna yang tengah memamerkan diskusi macam apa yang mereka ikuti di aplikasi media sosial berbasis audio tersebut.
ADVERTISEMENT
Tren semacam ini mungkin kurang relevan bagi pengguna smartphone Android. Sebab, aplikasi Clubhouse memang belum tersedia di Google Play Store.
Sebuah aplikasi bernama Clubhouse memang ada di Play Store. Namun, aplikasi itu adalah aplikasi manajemen proyek yang enggak ada hubungannya dengan Clubhouse media sosial.
Sejauh ini, Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna iPhone saja. Pengguna iPhone pun tidak bisa asal gabung karena harus diundang terlebih dahulu oleh pengguna existing.
Kapan Clubhouse Tersedia di Android? (56653)
Aplikasi Clubhouse di smartphone. Foto: Odd Andresen / AFP
Lantas, kapan pengguna Android bisa pakai media sosial Clubhouse di HP mereka? Sayangnya, hal itu masih belum diungkap oleh perusahaan.
Bagaimanapun, Clubhouse mengumumkan dalam posting-an terakhir mereka di bulan Januari 2021 bahwa mereka akan membuka platform-nya untuk pengguna yang lebih luas pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Sejak awal, kami ingin membangun Clubhouse untuk semua orang. Dengan pemikiran ini, kami sangat senang untuk segera mulai mengerjakan aplikasi Android kami, dan untuk menambahkan lebih banyak fitur aksesibilitas dan pelokalan sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat menikmati Clubhouse dengan cara yang terasa asli bagi mereka," kata Clubhouse di situs web resmi mereka.
Ekspansi Clubhouse ke Android tentunya bakal menjawab dahaga para pengguna di ekosistem smartphone tersebut yang belum pernah menjajalnya. Selain itu, merilis versi Android dari aplikasi mereka pastinya bakal membuat Clubhouse semakin banyak memiliki pengguna.
Kapan Clubhouse Tersedia di Android? (56654)
Aplikasi Clubhouse di smartphone. Foto: William Krause via Unsplash
Clubhouse sendiri sebenarnya mencatat pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi, meski baru berdiri kurang dari setahun dan cuma ada di iPhone.
Salah satu pendiri sekaligus CEO-nya, Paul Davison, pernah mengatakan pada Januari lalu bahwa Clubhouse mengalami pertumbuhan dengan mencatat 2 juta pengguna aktif mingguan. Bahkan, ada prediksi lain yang menyebut pengguna terdaftarnya mencapai antara 6 juta dan 10 juta orang.
ADVERTISEMENT
Adapun firma analis App Annie mengatakan dalam laporan terbarunya bahwa Clubhouse mengalami pertumbuhan unduhan secara global yang signifikan, dari 3,5 juta download pada 1 Februari 2021 menjadi 8,1 juta download per 16 Februari 2021.