Tekno & Sains
·
4 Desember 2020 7:32

Kerajinan Noken Khas Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kerajinan Noken Khas Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini (27215)
Ilustrasi Noken Papua dalam Doodle Foto: Google
Halaman muka mesin pencari Google Indonesia menampilkan potret khas Indonesia, dalam Ilustrasi Google Doodle hari ini, Jumat (4/12). Kali ini, ilustrasi yang dipilih ialah Noken Papua. Apa itu Noken Papua?
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman resmi Google Doodle, ilustrasi ini berjudul 'Mengenang Noken Papua.' Kerajinan tangan berbentuk tas tradisional Papua ini diilustrasikan oleh Danu Fitra seorang seniman tamu berbasis di Depok.
Noken dianggap memiliki nilai budaya dan sosial ekonomi yang begitu besar di seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, umur panjang warisan khas Papua ini dianggap terancam.
Karena statusnya yang dianggap terancam itu, pada hari ini delapan tahun yang lalu, tepatnya pada 4 Desember tahun 2012, tas tradisional khas Papua ini didaftarkan ke UNESCO dengan kategori Daftar Warisan Budaya Tak Benda yang perlu Dijaga Mendesak.
Tentunya ini adalah sebuah langkah besar yang telah diambil untuk mengamankan keberlanjutan Noken untuk generasi mendatang.
ADVERTISEMENT
"Saya harap Doodle ini dapat membantu memperkenalkan sebuah warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO kepada khalayak," kata Danu Fitra.
Kerajinan Noken Khas Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini (27216)
Pengrajin noken di Papua Barat. Foto: Mirsan Simamora/kumparan

Tentang noken Papua

Tas noken dibuat dari bahan seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun. Bahan-bahan tersebut kemudian diproses menjadi benang yang kuat dan kemudian diikat atau dianyam menjadi satu.
Kerajinan tangan yang rumit ini telah diwariskan dari generasi ke generasi. Pembuatannya diwariskan dari waktu ke waktu menuntut keterampilan yang halus, serta perawatan yang terjaga agar sisi artistiknya tetap terjaga.
Hal-hal yang diwariskan itu kemudian membuahkan produk tas yang bertahan lama dan serbaguna. Tas ini biasa digunakan untuk mengangkut dan menyimpan barang-barang seperti makanan atau kayu bakar. Sesekali bahkan dipakai untuk membawa anak kecil atau hewan, lho.
Kerajinan Noken Khas Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini (27217)
Noken terbuat dari kulit dan akar pohon dan biasanya digunakan untuk membawa kebutuhan sehari-hari. Foto: Dok: Flickr/Bernard Agapa
Di luar penggunaan sehari-hari, Noken secara tradisional juga memenuhi banyak tujuan sosial dan ekonomi. Misalnya, sebagai simbol penyatuan budaya di antara lebih dari 250 kelompok etnis di wilayah tersebut.
ADVERTISEMENT
Karena nilainya, tas juga dapat digunakan sebagai tabungan dan sering memainkan peran simbolis dalam penyelesaian sengketa secara damai.
Ini dia noken Papua! Salah satu dari banyaknya buah karya khas daerah dalam negeri yang terjalin erat ke dalam keragaman budaya Indonesia.