kumparan
10 Oktober 2019 7:17

Keuntungan dan Kekurangan Fitur Dark Mode di Aplikasi

Tampilan fitur Dark Mode di Instagram. Foto: Aditya Panji/kumparan
Fitur Dark Mode atau mode gelap kini tengah menjadi tren di berbagai aplikasi. Banyak aplikasi di Android dan iOS yang kini telah mendukung fitur Dark Mode untuk membantu para pengguna yang lebih nyaman dengan antarmuka gelap.
ADVERTISEMENT
YouTube dan Twitter telah menerapkan fitur Dark Mode di aplikasinya, begitu pun Google Play Store hingga WhatsApp dan Facebook yang juga berencana menghadirkan fitur serupa.
Tampilan Dark Mode pada aplikasi Instagram mencuri perhatian dan banyak diperbincangkan oleh para penggunanya. Bahkan pembicaraan tentang Dark Mode Instagram merajai daftar trending topic di Twitter dengan tagar #Instagramdarkmode.
Perbandingan tampilan Dark Mode pada Instagram, YouTube, dan Google Play Store. Foto: kumparan
Lantas dari euforia Dark Mode ini, apakah ada keuntungan dan kekurangannya dari fitur ini? Sebelum membahasnya, perlu diketahui Dark Mode adalah mode tambahan yang dapat digunakan untuk menampilkan sebagian besar antarmuka menjadi lebih gelap dengan dominasi warna hitam atau membuat foto dan teks muncul di latar belakang hitam.
Desain Dark Mode ini dapat mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat. Biasanya, tema Dark Mode dapat dimatikan atau diaktifkan secara manual atau otomatis oleh pengguna melalui pengaturan aplikasi tertentu. Berikut keuntungan dan kekurangan dari Dark Mode dari berbagai sumber.
ADVERTISEMENT
Keuntungan Dark Mode
Salah satu keuntungan dari Dark Mode adalah menghemat daya baterai, terutama jika perangkat menggunakan layar OLED atau AMOLED. Memancarkan warna gelap dibandingkan tampilan cerah, diklaim bisa menghemat baterai untuk layar OLED, bukan layar LCD. Itu dikarenakan di layar OLED, setiap pixel menyala untuk membuat gambar, jadi ketika Dark Mode diaktifkan maka akan mematikan pixel yang tidak diperlukan.
Dark Mode juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan. Seperti bagi para pengidap Photophobia, yakni suatu kondisi yang membuat orang sangat peka terhadap cahaya.
Dengan mengaktifkan Dark Mode, pengguna Photophobia bisa menjadi lebih nyaman dalam menatap layar smartphone. Menggunakan Dark Mode juga dianggap dapat membantu mereka yang menderita migrain, menurunkan ketegangan mata, hingga membuat tidur jadi lebih baik.
Perbandingan tampilan Dark Mode di Instagram. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Kekurangan Dark Mode
Di samping manfaatnya, Dark Mode ternyata juga memiliki kekurangan bagi para penggunanya. Dark Mode ternyata tidak selalu baik untuk menurunkan ketegangan mata. Dalam kondisi cahaya yang terang, teks jadi terlihat pudar di Dark Mode, sehingga menyebabkan mata mudah lelah.
Tampilan konten seperti artikel yang menampilkan teks yang panjang akan lebih sulit dibaca dalam Dark Mode. Orang yang mengidap buta warna tertentu mungkin akan merasa lebih sulit untuk menggunakan Dark Mode karena tampilan didominasi oleh warna hitam.
Dengan menimbang keuntungan dan kekurangan memakai Dark Mode, kamu lebih memilih menggunakannya atau tidak?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan