kumparan
4 Mei 2018 21:31

Kominfo Pertemukan Startup Lokal dengan Investor di NextIcorn Bali

com-Membangun Startup
com-Membangun Startup (Foto: Thinkstock)
Acara pertemuan antara startup lokal dengan para investor global bakal kembali diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Event bertajuk Next Indonesia Unicorn (NextIcorn) bakal digelar di Nusa Dua, Bali, pada 9 hingga 10 Mei 2018.
ADVERTISEMENT
Program NextIcorn ini turut menggandeng Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) dan konsultan bisnis global Ernst & Young, termasuk empat startup lokal penyandang status unicorn atau perusahaan yang valuasinya sudah mencapai 1 miliar dolar AS, yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.
Staf Khusus Kemkominfo Bidang Program Prioritas dan Ekonomi Digital, Lis Sutjiati, berkata hasil pertemuan antara startup di Indonesia dengan investor atau perusahaan modal ventura, baik lokal maupun internasional, diharapkan bisa melahirkan startup unicorn baru seperti Go-Jek dan kawan-kawan.
"Sekarang sudah (ada) 70 startup yang confirm datang. Mereka akan dipertemukan dengan 60 Venture Capital yang ternama," kata Lis dalam jumpa pers di gedung Kemkominfo di Jakarta, Jumat (4/5).
Staf Khusus Menteri Kominfo, Lis Sutjiati
Staf Khusus Menteri Kominfo, Lis Sutjiati. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Wakil Ketua Amvesindo Donald Wihardja menjelaskan, sejumlah startup lokal yang ikut dalam NextIcorn nanti berasal dari berbagai bidang, seperti e-commerce, fintech (teknologi finansial), hingga kesehatan. Sebelum bertemu investor, para startup bakal dibantu melalui proses kurasi, seperti pengecekan rencana bisnis, validasi pasar, hingga teknologi berkelanjutan dari startup tersebut.
ADVERTISEMENT
"Startup yang berpartisipasi antara lain Ralali, Modalku, Moka POS, Kata.ai, Snapcart, Cashlez, hingga Ruangguru. Mereka bisa dikatakan telah siap untuk menerima investasi dan sudah memberikan business plan yang menarik," ungkap Donald di tempat sama.
Sementara dari pihak pemodal yang sudah dipastikan hadir di antaranya ada nama-nama besar, seperti SoftBank, Tencent, Sequoia AppWorks, hingga Kejora.
Donald menegaskan kegiatan NextIcorn ini bukan memberikan peluang kepada investor asing untuk berinvestasi, lalu mengakusisinya, dan meninggalkan. Donald menegaskan kegiatan NextIcorn ini bukan berarti memberi peluang bagi pemodal asing untuk investasi dan akuisisi startup lokal, lalu pergi meninggalkan Indonesia. Kegiatan ini, kata Donald, dinilai sebagai momen yang tepat untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia surga investasi digital.
ADVERTISEMENT
"Kita mau melahirkan Indonesia unicorn bukan mereka investasi di sini dan membawa startup-startup kita ke luar. Paradise (surga) yang dimaksudkan adalah kita akan membuka dialog, treatment yang welcoming dan menunjukan potensi, market yang luar biasa, serta pemerintah dan masyarakat yang ramah," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan