Tekno & Sains
·
16 Oktober 2020 15:49

Kominfo Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa Mulai Desember 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kominfo Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa Mulai Desember 2020 (18043)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Kepatihan Pemda DIY. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dalam kunjungannya ke pemerintah daerah (Pemda) DIY pada Jumat (16/10). Pertemuan ini membahas digitalisasi aksara Jawa.
ADVERTISEMENT
"Kami mendiskusikan dan menyampaikan rencana bersama kita untuk menyiapkan digitalisasi aksara Jawa," kata Johnny di Kepatihan Pemda DIY.
Ia menjelaskan, digitalisasi aksara Jawa ini penting untuk mempermudah pembelajaran budaya dan peninggalan leluhur. Harapannya aksara Jawa digital bisa dengan mudah dipahami oleh generasi masa depan.
Kominfo Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa Mulai Desember 2020 (18044)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Kepatihan Pemda DIY. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Proses digitalisasi juga disebutnya tidak membutuhkan waktu lama. "Digitalisasi aksara Jawa paling lambat Desember tahun ini sudah mendapat ketetapannya," ungkap Johnny.
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X sendiri menjelaskan, pihaknya memang sudah mengusulkan untuk digitalisasi aksara Jawa. Ia berharap tak hanya aksara Jawa saja, tetapi bahasa ibu provinsi lain juga akan digitalisasi.
"Sehingga harapan saya jangan sampai nanti bahasa ibu ini kalah dari Bahasa Indonesia sehingga tidak ada masyarakat lokal menggunakan lagi," katanya. "Kita ingin menjaga bagaimana agar aksara Jawa ini tetap bisa dipahami oleh masyarakatnya. Saya kira hanya itu kepentingan kita."
ADVERTISEMENT