Tekno & Sains
·
17 Mei 2021 9:51

Lebaran 2021, Banyak Pelanggan Telkomsel Streaming Video YouTube dan MAXStream

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebaran 2021, Banyak Pelanggan Telkomsel Streaming Video YouTube dan MAXStream (293759)
searchPerbesar
Pelanggan Telkomsel streaming film di layanan video on demand MAXStream. Foto: Dok. Telkomsel
Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik internet di jaringannya pada momen Idulfitri 1442 H. Trafik layanan data ini, yang naik 49 persen dibanding periode yang sama tahun lalu atau 10 persen daripada hari biasa, didominasi streaming video YouTube dan MaxStream.
ADVERTISEMENT
Lebaran 2021 tak jauh berbeda dengan Idulfitri tahun lalu, karena masih dalam suasana pandemi COVID-19. Adanya larangan mudik dari pemerintah memaksa warga untuk merayakan hari kemenangan umat Islam di rumahnya masing-masing.
Itu mengapa Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri fokus menguatkan kualitas dan kapasitas jaringan di 554 point of interest (POI) di area residensial, termasuk fasilitas umum seperti rumah sakit, jalur transportasi, dan tempat ibadah.
Berdasarkan catatan trafik layanan data per Lebaran 2021, Telkomsel mengalami kenaikan hingga 39,7 Petabyte (PB) atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu. Di sisi lain, layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 33 persen (669 juta SMS) dibanding periode yang sama tahun lalu, sementara trafik panggilan suara pun mencatat kenaikan sebesar 4 persen (915 juta menit) daripada hari biasa.
Lebaran 2021, Banyak Pelanggan Telkomsel Streaming Video YouTube dan MAXStream (293760)
searchPerbesar
Telkomsel Smart Office di Jakarta. Foto: Jofie Yordan/kumparan
"Kami memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dalam pernyataan resmi, Minggu (16/5).
ADVERTISEMENT
Pelanggan Telkomsel banyak menghabiskan libur Lebaran 2021 dengan streaming video dan video call. Kedua aktivitas tersebut secara total berkontribusi penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing 22 persen dan 14 persen, dibanding dengan hari biasa.
Sejumlah platform digital dan virtual disebutnya juga berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat ada lonjakan trafik penggunaan untuk layanan Voice over LTE (VoLTE) sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX sekitar 68 persen dibanding hari biasa.
Untuk trafik aktivitas digital lainnya, seperti main game mobile, browsing, dan media sosial, juga tercatat tumbuh masing-masing 81 persen, 36 persen, dan 7 persen daripada hari biasa. Selain itu, enam aplikasi digital yang banyak diakses pelanggan antara lain YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, dan Mobile Legends.
ADVERTISEMENT
Detailnya bisa dilihat di infografik berikut ini.
Lebaran 2021, Banyak Pelanggan Telkomsel Streaming Video YouTube dan MAXStream (293761)
searchPerbesar
Infografik lonjakan trafik data Telkomsel selama Lebaran 2021. Foto: Dok. Telkomsel
Sumatra menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kenaikan trafik data Telkomsel selama Lebaran 2021. Sumatra Tengah, Utara, hingga Selatan masing-masing menyumbang kenaikan 13 persen dibanding hari biasa, sementara di bawahnya ada Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen).
"Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H," tutup Nugroho.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020