kumparan
28 Mei 2018 21:32

Lewat Paket Data Unlimited, Smartfren Kejar Target 20 Juta Pelanggan

Kantor pusat Smartfren di Jalan Sabang, Jakarta
Kantor pusat Smartfren di Jalan Sabang, Jakarta. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
Persaingan bisnis telekomunikasi saat ini berjalan sengit sehingga sesama operator seluler harus saling merebut hati pelanggan. Smartfren, salah satu pemain dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia, berupaya mengambil hati konsumen dengan cara menawarkan paket internet unlimited.
ADVERTISEMENT
Perusahaan baru saja mengeluarkan paket internet unlimited 24 jam baru dengan jaringan 4G LTE yang diberi nama 'Super 4G Unlimited'. Harga paket yang semula Rp 149 ribu kini bisa didapatkan dengan harga Rp 60 ribu yang berlaku selama satu bulan dengan Fair Usage Policy (FUP) atau batas pemakaian 1 GB per hari.
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, menegaskan paket internet unlimited ini adalah 'senjata pamungkas' dari perusahaan untuk bersaing dengan operator seluler lain. Menurutnya, untuk menambah jumlah pelanggan, maka Smartfren harus memiliki program yang dapat merebut pelanggan operator lain.
Smartfren telah memiliki target tambahan angka pelanggan setiap bulannya dari paket unlimited ini.
"Dalam sebulan 1 juta (pelanggan bertambah) targetnya. Program ini (paket Super 4G Unlimited) memang akan berlangsung sampai Agustus, tapi besar kemungkinan akan lanjut. Kita lihat animonya selagi kita mempersiapkan yang lain," papar Djoko.
Djoko Tata Ibrahim, Smartfren
Djoko Tata Ibrahim, Smartfren. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
Djoko menargetkan jumlah pelanggan Smartfren bisa mencapai 20 juta. Menurutnya, kapasitas jaringan Smartfren sendiri sudah cukup untuk menampung hingga 50 juta pelanggan. Oleh karena itu, Smartfren gencar melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan angka pelanggannya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Djoko mengungkapkan jumlah pelanggan Smartfren di Indonesia adalah 9 juta pelanggan. Angka ini mengalami penurunan sebanyak 2 juta dari 11 juta karena adanya aturan registrasi SIM card yang mengharuskan mereka memblokir nomor-nomor yang belum melakukan registrasi.
"Tengah tahun kemarin (2017), kita sempat mengeluarkan paket GSM, nah itu yang banyak turn-nya (pelanggan yang tidak registrasi sehingga diblokir). Tapi, sekarang kita dengan paket-paket unlimited sudah mulai stabil," jelas Djoko.
Modem WiFi M5 Smartfren
Modem WiFi M5 Smartfren. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Smartfren yakin dengan hadirnya paket Super 4G Unlimited ini dapat mengembalikan angka yang hilang itu dalam waktu yang cepat.
Selain menghadirkan paket unlimited, Smartfren juga terus berinvestasi untuk memperluas jaringannya dan menambah BTS (Base Transceiver Station) di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan