kumparan
22 Apr 2019 7:14 WIB

Maling di AS Curi 100 Mobil Pakai Aplikasi Rental Mobil Car2Go

Ilustrasi maling mobil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kepolisian Chicago, Amerika Serikat, baru saja menangani kasus pencurian mobil lewat aplikasi rental mobil Car2Go. Sebanyak 16 pelaku pencurian kini berhasil diamankan polisi.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan dari reporter CBS Brad Edward, para pelaku ‘pembajakan’ aplikasi berhasil mencuri setidaknya 100 armada Mercedez Benz. Perusahaan mengkonfirmasi bahwa ini sebenarnya adalah masalah penipuan, bukan karena ada celah atau kebocoran keamanan.
Car2Go memastikan bahwa pembajakan ini hanya terjadi di wilayah Chicago. Meski begitu, kepolisian masih berupaya menyelidiki apakah hal ini juga terjadi di wilayah lain, sembari menelusuri pencurian 100 mobil yang telah ditemukan.
Meski begitu, kepolisian setempat masih akan menyelidiki kemungkinan hal ini juga terjadi di tempat lain, sembari menelusuri keberadaan 100 unit mobil yang telah dicuri.
“Kami mendapatkan laporan dari perusahaan rental mobil bahwa terjadi pencurian kendaraan akibat penipuan lewat aplikasi. Berdasarkan laporan yang tersedia, beberapa kendaraan telah kembali dan sedang melakukan penyelidikan kepada para pelaku,” ujar juru bicara kepolisian Chicago.
Ilustrasi maling elektronik mobil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pihak kepolisian juga menambahkan bahwa hingga kini mereka masih bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk memastikan bahwa kejadian ini tidak terjadi di wilayah lain. Pembajakan ini mengharuskan Car2Go untuk sementara berhenti beroperasi di wilayah Chicago.
ADVERTISEMENT
“Kami sedang bekerja sama dengan penegak hukum untuk menetralkan isu penipuan. Tidak ada informasi personal tau rahasia yang bocor. Namun untuk tetap waspada, kami menyetop sementara layanan kami di Chicago. Kami akan memberikan update secepatnya,” tulis perusahaan dalam cuitan.
Car2Go sendiri adalah aplikasi rental mobil dari Jerman yang menyediakan ribuan armada mobil mewah yang siap untuk disewakan. Layanan ini bertujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan kendaraan tanpa harus membelinya.
Aplikasi rental mobil memang sangat rentan dengan yang namanya penipuan. Namun lambat laun, kasus seperti ini akan lebih mudah untuk diselidiki.
Sebelumnya, kasus peretasan pernah terjadi di startup penyedia layanan pinjam mobil mewah, HiGear, pada tahun 2012 lalu. Pencuri menggunakan identitas dan kartu kretdit palsu untuk masuk ke dalam aplikasi dan mencuri empat mobil mewah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan