kumparan
23 Feb 2019 16:59 WIB

Menanti Teknologi Kamera 10x Zoom dan Smartphone 5G Oppo di MWC 2019

Oppo Smartphone. Foto: Reuters/Edgar Su
Vendor smartphone Oppo menggelar Innovation Event pertamanya menjelang pameran teknologi terbesar Eropa, Mobile World Congress (MWC 2019), yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, pada 25 sampai 28 Februari 2019.
ADVERTISEMENT
Ada setidaknya dua teknologi baru yang bakal diperkenalkan Oppo dalam acara ini. Pertama, inovasi sektor kamera yang memungkinkan komponen tersebut melakukan zooming sebanyak 10 kali. Teknologi ni mereka sebut 10x lossless zoom. Kedua, Oppo turut masuk dalam membuat smartphone yang mendukung teknologi internet mobile 5G.
Tim penelitian dan pengembangan Oppo yang menggelontorkan banyak investasi teknologi, berhasil membuat teknologi kamera dengan zoom 10x. Komitmen ini membantu Oppo untuk sekali lagi, dan menjadi yang pertama, menghadirkan inovasi kamera zoom 10x. Di tahun 2017, Oppo memperkenalkan teknologi kamera 5x zoom.
Teknologi Kamera 10x Lossless Zoom
Teknologi 10x lossless zoom membawa tiga lensa yang terdiri atas lensa telephoto, lensa sudut ultra lebar (ultra-wide), dan kamera utama.
ADVERTISEMENT
Oppo juga memperkenalkan Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telephoto untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi dan anti-guncangan. Cara ini dipercaya membuat pengguna lebih mudah untuk mendokumentasikan momen di sekitarnya.
Masih di sektor kamera, perusahaan asal China ini turut menggarap kamera dan aplikasi yang dapat mendukung fotografi rendah cahaya mulai tahun 2019, agar pengguna tetap mendapatkan kualitas foto terbaik sekalipun mereka memotret dalam kondisi kekurangan cahaya. Oppo mulai meninggalkan jargon 'Selfie expert' yang mereka pakai sejak 2016 pada produk Oppo F1, untuk menggaet para pencinta selfie.
Para pekerja sedang menyelesaikan produksi smartphone Oppo F1s di pabrik Oppo yang berlokasi di Tangerang. Foto: Beawiharta/Reuters
Smartphone 5G
Kemudian di sektor 5G, Oppo sudah memulai penelitian dan pengembangan teknologi ini sejak tahun 2015. Kali ini, Oppo bakal berkolaborasi dengan perusahaan lain yang berkepentingan dalam industri 5G, untuk membuat teknologi seluler agar memiliki koneksi yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Sejumlah mitra yang berkolaborasi itu adalah Ericsson dari Swedia, dan Qualcomm dari Amerika Serikat. Dua perusahaan ini adalah pemimpin global dalam industri perangkat telekomunikasi dan cip.
Oppo. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Percepatan 5G ini ditargetkan membuat Oppo semakin mantap dalam menyematkan artificial intelligence (AI), augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). 5G juga memberi dampak positif pada pertumbuhan konten video beresolusi 4K, 8K, sampai konten tiga dimensi (3D).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan