Tekno & Sains15 September 2020 9:37

Mengenal Fitur Canggih Drag and Drop di Samsung Galaxy Z Fold2

Konten Redaksi kumparan
Mengenal Fitur Canggih Drag and Drop di Samsung Galaxy Z Fold2 (205979)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Samsung memberikan keistimewaan pada aspek desain dan fitur bagi Galaxy Z Fold2 yang kini diposisikan sebagai smartphone layar lipat andalan, sekaligus smartphone harga tertinggi dari Samsung. Multitasking, adalah nilai lebih yang diberikan Samsung pada Galaxy Z Fold2.
ADVERTISEMENT
Samsung membekalinya dengan Multi Active Window, di mana ia berfungsi membuat Galaxy Z Fold2 bisa menampilkan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Misal, kita bisa membuka dua aplikasi di layar kiri atau layar bawah, kemudian satu aplikasi dibuka secara penuh di layar kanan atas atas.
Tampilan aplikasi ini bisa diatur sesuai keinginan. Caranya, dengan menarik jendela aplikasi di suatu tempat yang dikehendaki.
Mengenal Fitur Canggih Drag and Drop di Samsung Galaxy Z Fold2 (205980)
Tampilan Multi-Active Window Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Setelah fitur Multi Active Window terbuka, ada sebuah hal sangat hebat yang dapat dilakukan pengguna pada Galaxy Z Fold 2. Yaitu, Drag and Drop.
Sekilas, fungsinya mirip seperti copy dan paste suatu konten. Tapi, Drag and Drop di Galaxy Z Fold2 telah diperbarui fitur dan fungsinya sehingga dapat melakukan hal lebih. Kita bisa menyalin konten secara detail antara aplikasi satu dengan aplikasi yang lain. Konten yang dapat diambil dan diseret itu adalah gambar, teks, tabel, dan dokumen.
ADVERTISEMENT
Sebut saja ada seorang pengguna membuka aplikasi Microsoft Excel dan PowerPoint. Ia bisa menyalin konten yang ada di Excel untuk kemudian diseret ke aplikasi PowerPoint.
Hal serupa juga bisa dilakukan pada aplikasi YouTube, Gmail, dan Google Maps, misalnya. Pengguna bisa menyalin informasi teks atau gambar yang ada di YouTube untuk kemudian diseret ke Gmail.
Video
Bagaimana? Mudah, bukan? Inilah cara Samsung memberi kemudahan metode copy dan paste yang diimplementasi pada sebuah perangkat mobile perpaduan tablet dan smartphone. Apalagi itu sudah dimaksimalkan untuk berjalan sempurna pada aplikasi produktivitas milik Microsoft dan Google.
Selain Drag and Drop, masih ada sejumlah fitur hebat yang ada di Galaxy Z Fold2 untuk multitasking seperti App Pair, App Continuity, dan lainnya. Keberadaan layar 7,6 inci telah dimaksimalkan untuk memberi kemudahan navigasi, serta disesuaikan pada antarmuka One UI 2,5 berbasis Android 11. Semua ini membuat peralihan dan tampilan aplikasi makin cepat dan mudah antara tata letak Layar Utama atau Layar Penutup.
ADVERTISEMENT
Galaxy Z Fold2 kini bisa dimiliki melalui sistem pre-order di situs www.galaxylaunchpack.com mulai 11 hingga 19 September 2020 seharga Rp 33.888.000.
Selama masa pre-order, pembeli akan langsung mendapatkan bonus Galaxy Buds Live seharga Rp 2,6 juta dengan warna senada Galaxy Z Fold2 yang dipilih. Bukan hanya itu, pembeli juga akan mendapatkan fasilitas Premier Service powered by Samsung Care+ selama satu tahun senilai Rp 2.739.000, yaitu perlindungan perangkat dari kerusakan yang tidak disengaja ataupun akibat terkena cairan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white