Mangoesky, Telkom, Telkomsat
7 Juli 2021 6:01
·
waktu baca 1 menit

Mengenal Mangoesky, Fasilitas Internet Satelit dari Telkom untuk Daerah Pelosok

Mengenal Mangoesky, Fasilitas Internet Satelit dari Telkom untuk Daerah Pelosok (899119)
searchPerbesar
Ilustrasi warga mengakses internet di HP dengan layanan internet berbasis satelit Telkom Mangoesky. Foto: Telkom Indonesia
Membangun jaringan internet broadband di seluruh wilayah Indonesia bukan perkara mudah. Lanskap Indonesia yang luas dan terdiri dari ribuan pulau menjadi tantangan bagi penyedia layanan internet untuk melakukan hal tersebut.
Di kawasan perkotaan, penyediaan jaringan internet broadband bisa dengan mudah dilakukan karena akses dan sumber dayanya mudah didapat. Sementara di daerah rural, terutama di kawasan terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), menarik kabel fiber optic untuk menggelar jaringan internet adalah hal yang penuh tantangan karena kondisi lingkungan sulit diakses.
Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menghadirkan layanan bernama Mangoesky. Layanan ini adalah salah satu produk digital connectivity Telkom melalui anak usaha Telkomsat yang sudah ada sejak 2014. Mangoesky menyediakan jaringan internet broadband melalui media satelit (VSAT IP) untuk masyarakat di daerah 3T.
Layanan ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang wilayahnya belum terjangkau oleh jaringan kabel ADSL (Asymmetric Digital subscriber Line), fiber optic, maupun layanan mobile kecepatan tinggi lain. Jaringan internet dari Mangoesky cocok digunakan pelanggan rumahan, pelaku usaha ritel, kafe atau villa, UMKM, aktivitas di sekolah, kantor pemerintahan, hingga korporasi.
“Penyediaan Mangoesky kami lakukan untuk menjamin kesetaraan peluang bagi masyarakat mengakses layanan internet yang layak di mana pun mereka berada. Digitalisasi atau pemanfaatan teknologi komunikasi bukan hanya milik masyarakat kota. Kami berkomitmen terus mengembangkan kualitas dan kecepatan jaringan bagi masyarakat, agar semakin banyak insan yang bisa go digital, go modern, dan go global,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.
Mengenal Mangoesky, Fasilitas Internet Satelit dari Telkom untuk Daerah Pelosok (899120)
searchPerbesar
Petugas memasang antena parabola Mangoesky. Foto: Telkom Indonesia

Keunggulan Mangoesky

Sebagai layanan broadband internet berbasis satelit, Mangoesky punya sejumlah fitur unggulan yang bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satunya, Mangoesky memiliki tingkat keamanan skala tinggi dan sistem monitoring jaringan untuk mengatur performa sambungan internet.
Mangoesky juga menyediakan trafik data kecil dengan sentralisasi database dan data entry. Sambungan internet dari Mangoesky terjamin stabil karena sudah menggunakan Satelit Telkom 3S sebagai sumbernya. Pembelian paket atau top up kuota Mangoesky bisa dilakukan dengan mudah melalui ATM, mobile banking, serta gerai minimarket atau kantor pos terdekat.
Mengenal Mangoesky, Fasilitas Internet Satelit dari Telkom untuk Daerah Pelosok (899121)
searchPerbesar
Ilustrasi antena parabola Mangoesky. Foto: Telkom Indonesia
Kehadiran Mangoesky diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital di wilayah rural dan 3T Indonesia, serta mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi Indonesia sesuai dengan komitmen Telkom Indonesia mendorong transformasi digital masyarakat.